Gelar Seminar Nasional, Rektor Unima Sambut Kehadiran DKPP RI

MANGUNINEWS.COM, Manado – Rektor Universitas Negeri Manado (Unima), Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd., menyambut dengan sukacita atas kehadiran Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP RI).

Hal itu disampaikan Katuuk saat memberi sambutan dalam Seminar Nasional ‘Penguatan Demokrasi dan Integritas Pemilu di Indonesia’ bertempat di Hotel Peninsula Manado, Sabtu (5/12).

Ia mengatakan, kehadiran DKPP RI adalah bagian dari upaya bersama untuk mengawal dan menegakkan penyelenggaran pemilu.

“Dengan menegakkan etika dalam penyelenggaran pemilu, ini menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan pilkada yang berintegritas,” ungkapnya.

Menurut dia, penegakan kode etik dan etika demokrasi itu penting, karena di dalam kode etik terkandung nilai-nilai yang menjadi landasan spititual dan moralitas menyelenggarakan pemilu.

“Berbagai praktek yang tidak jujur baik oleh peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), ada yang menunjukkan lemahnya praktek etika dalam kehidupan demokrasi kita,” turut Katuuk.

Dikatakan, seminar yang dilaksanakan oleh Unima dan DKPP RI ini merupakan tanggung jawab bersama untuk ikut mencerdaskan rakyat dan bangsa, dalam membangun demokrasi dan pemilu yang berintegritas.

“Oleh sebab itu, selaku rektor saya menyambut kegiatan ini sebagai bagian dari tanggung jawab Unima sebagai lembaga pendidikan, untuk menjadi garda terdepan dalam penegakan kebenaran, etika berdemokrasi, dan Pilkada yang berintegritas,” sambungnya.

Diakui Katuuk, tekad untuk membangun integritas menjadi salah satu program strategis UNIMA di tahun 2020-2024, yaitu membangun institusi dengan integritas yang kuat.

“Saya percaya seminar nasional ini akan memberi sumbangan pikiran yang sangat positif untuk membangun demokrasi yang berintegritas,” ucap Katuuk.

Tak lupa, dia mengucapkan terimakasih kepada Ketua DKPP RI yang telah membawakan materi, serta atas kepercayaan yang dibangun dalam kerjasama antara Unima dan DKPP RI.

(Anugrah Pandey)