Golkar Sulut Prioritaskan Kader Untuk Disurvei

60
Feryando Lamaluta

MANGUNINEWS.COM, Manado Elektabilitas figur Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di kabupaten kota siap ditakar Partai Golongan Karya (Golkar) Sulawesi Utara (Sulut). Bakal calon yang telah mendaftar di tubuh Beringin segera diseleksi kekuatan maupun keseriusannya.

Penegasan itu disampaikan juru bicara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulut, Feryando Lamaluta. Ia menjelaskan, hingga kini belum ada putusan dari DPD I Partai Golkar Sulut terkait nama-nama yang akan diusulkan sebagai calon. “Jadi kita sementara inventarisir dari 8 pemilihan kepala daerah temasuk gubernur. Hasilnya akan dirapatkan sehari atau dua hari ke depan. Nanti difokuskan siapa saja nama yang akan kita survei di 7 kabupaten kota dan gubernur,” ungkapnya.

Sesudah diputuskan siapa nama-nama yang akan disurvei maka akan dirapatkan lagi. Dalam rangka menetapkan figur yang akan diusung sebagai calon. “Pastinya kita akan fokus di Minahasa Selatan (Minsel) dan Kota Tomohon, cuma itu yang boleh mengusung untuk kepala daerah. Lainnya kita harus koalisi. Itu akan komunikasi politik dengan teman-teman parpol (partai politik) lain. Apakah kita harus koalisi, kita akan lihat,” ujarnya.

Kader Golkar yang terdaftar akan jadi prioritas untuk disurvei. Setelah dilakukan pleno dari DPD I Partai Golkar, nama-nama itu kemudian akan dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). “Hasilnya bulan Februari akan ada untuk diputuskan. Kalau tidak salah seluruh nama yang mendaftar di DPD 2 itu akan dikirim di DPD I Sulut untuk dikerucutkan,” jelasnya.

Penting baginya menanyakan keseriusan figur. Jangan sampai terjadi mereka yang mendaftar namun akhirnya tidak maju. “Akan dicek sebab dia mendaftar tapi akhirnya dia tidak jadi maju. Akan dilihat kesiapan dia, siapa dia, apakah serius atau tidak,” kuncinya. (anugrah pandey)