Hadapi Pandemi Covid-19 Jelang Ramadan, IPB Gelar Zikir Bersama

MANGUNINEWS.COM, Tidore – Pandemi Covid-19 yang terjadi jelang bulan suci Ramadan, mengundang inisiatif Ikatan Pemuda Bobo (IPB) untuk melaksanakan zikir bersama di Masjid An-Nur, Kelurahan Bobo, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Maluku Utara (Malut).

Zikir yang dipimpin langsung imam besar Masjid An-Nur, Ismail Hadi, melibatkan seluruh elemen masyarakat setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Ismail Hadi mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut hadapi virus corona. “Mari kita semua melawan virus dengan mensucikan diri menuju bulan suci Ramadan 1441 Hijriah, 2020,” imbau Ismail.

Ketua IPB, Aidar Selasa mengungkapkan, langkah IPB melaksanakan zikir bersama sangat tepat. “Saya sebagai ketua pemuda sangat memberikan apresiasi kepada pemuda, pemudi, dan remaja masjid  An-Nur Kelurahan Bobo,” ungkap Aidar.

Sekretaris IPB, Imran Husen menjelaskan, tujuan kegiatan ini dalam rangka menjemput bulan suci Ramadan, sekaligus sebagai zikir bersama mencegah musibah yang saat ini melanda bangsa Indonesia, lebih khususnya Malut.

“Juga bentuk gerakan untuk menciptakan partisipasi masyarakat dan sadar bersama bahwa, musibah itu memang datang dari Tuhan, dan memintah kepada Allah SWT untuk segera mengangkat musibah yang dapat dari manusia,” tutur Imran.

Zikir bersama inisiatif IPB yang melibatkan masyarakat setempat ini memiliki dua agenda, yakni menyambut bulan suci Ramadan 1441 H, dan pembacaan doa selamat tolak bala, mengingat situasi bangsa sedang dilanda wabah Covid-19.

“Insyah Allah dengan doa yang kemudian pemuda bersama masyarakat panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga dikabulkan oleh Tuhan. Dan bangsa kita saat ini cepat pulih dari virus corona yang melanda,” ucap Idhar Ishak, salah satu pemuda setempat. (Marsaoly Yusri Yunus).