Hadapi Pandemi, Dinas Pertanian Jaga Produktivitas Bahan Kebutuhan Masyarakat

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Pemerintah Kota (pemkot) Tomohon melalui Dinas Pertanian, akan meningkatkan produktivitas kebutuhan masyarakat, dalam upaya pengendalian inflasi di masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, S.E. Ak., C.A., dalam Rapat Koordinasi Tim High Level Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tomohon, Kamis (27/8).

Ia mengatakan, salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan perhatian khusus, dan berupaya meningkatkan produktivitas bahan-bahan yang rentan terhadap inflasi akibat dampak pandemi ini.

“Untuk Tomohon sendiri, komoditi cabe yang naik hingga 75.000 rupiah per kilo pada bulan April lalu, yang disebabkan adanya beberapa penutupan arus pendistribusian karena pemberlakuan PSBB dan lockdown di daerah penghasil,” kata Eman.

Maka dari itu, upaya pemerintah melalui Dinas Pertanian untuk menjaga kebutuhan masyarakat, dengan mengantisipasi produksi cabe rawit sampai bulan Juni, 157 ton, sedangkan konsumsi kebutuhan per bulan 110 ton.

“Berarti komoditi cabe tersedia di masa pandemi, bahkan produksi lebih dijual ke luar Tomohon, dengan harga jual petani hingga Juni akhir, 25 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah per kilo,” ujar Eman.

Menurutnya, melalui kegiatan itu, laju inflasi dapat terkendali, dengan terus melakukan koordinasi dan pengawasan pada tiap progres program realisasi kegiatan. (Anugrah Pandey)