Hadapi Pasien Covid-19, RSUD Tondano Terus Berbenah

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Fasilitas pendukung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sam Ratulangi Tondano masih terbatas. Namun, RS rujukan penanganan Covid-19 ini sudah siap untuk menangani pasien.

Hal itu diakui Direktur Utama RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano, dr Maryani Suronoto.

“Rumah Sakit kami saat ini sedang berbenah. Untuk saat ini kami mempunyai dua ruang isolasi. Satu sudah digunakan pasien PDP dari Kabupaten Minahasa Tenggara. Sampai saat ini masih kita rawat,” tuturnya.

“Dan alat-alat yang kami siapkan untuk menangani pasien jika ada saat ini, kita ada satu ventilator khusus pasien Covid-19. Kemudian ada juga bedside monitor, ada oksigen, section juga ada. Tapi alat-alat yang lain kami memang masih menunggu yang telah kami pesan ke distributor tapi sampai saat ini belum datang. Mudah-mudahan minggu depan sudah ada,” terang Dokter Ani, sapaan akrabnya.

Walau demikian, ia menegaskan kalaupun ada pasien, pihaknya sudah siap dengan tenaga dan alat-alat tersebut.

“Kemudian ada juga ruang isolasi yang sementara dipersiapkan. Mudah-mudahan minggu depan itu sudah selesai. Itu menambah kepercayaan diri kami untuk menerima kalau ada pasien yang harus ditangani,” tandas Dokter Ani. (Kelly Korengkeng)