Hadapi Pemilu 2024, SDM KPU Tomohon Dipersiapkan

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sumber daya manusia (SDM) jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon dipersiapkan.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Tomohon, Harryanto Y. S. Lasut kepada awak media, usai mengikuti ‘Peluncuran Tahapan Pemilu 2024’ secara virtual, di Aula KPU Tomohon, Selasa (14/6/2022).

“Kesiapan kita sudah sangat siap untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2024. Tentunya yang akan kami siapkan terlebih dahulu adalah SDM KPU Tomohon,” ujarnya.

Selain itu, tahapan dalam waktu dekat ini juga terkait dengan pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol). Ia menuturkan, menurut UU Pemilu, hal ini harus dilakukan KPU paling lambat 18 bulan sebelum hari pemungutan suara atau sekitar bulan Agustus 2022.

“Kita akan melaksanakan verifikasi parpol, sedangkan pendaftaran itu di KPU RI. Nantinya mereka masuk ke sistem informasi parpol dan itu akan jalan di bulan Agustus,” terangnya.

Pimpinan KPU Tomohon bersama sejumlah utusan parpol.

“Untuk itu, saya juga memohon kepada masyarakat kota Tomohon, pemerintah dan stakeholder lainnya, untuk mendukung dan terutama teman-teman media sebagai mitra kerja KPU,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyampaikan, bahwa dalam pemilu secara langsung setidak-tidaknya ada tiga hal penting yang harus tersedia.

“Pertama, peserta pemilu. Kedua, adanya pemilih. Kemudian ketiga, ada proses untuk mengekspresikan pilihan bagi pemilih,” katanya.

Diketahui, DPR, pemerintah dan penyelenggara pemilu telah menyepakati pelaksanaan pilpres dan pileg pada 14 Februari 2024. Sedangkan pilkada pada 27 November 2024.

Penulis: Anugrah Pandey