Hadiri HUT P/KB GMIM Wilayah Tomohon Empat, Liow Ajak Masyarakat Bersatu

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Komisi Pria Kaum Bapa (P/KB) Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Wilayah Tomohon Empat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 di Jemaat Imanuel Walian, Selasa (13/10).

Ibadah syukur yang dipimpin Ketua BPMW Tomohon Empat, Pdt. Daniel Bastian, M.Th, berlangsung hikmat.

Ketua Komisi P/KB GMIM Wilayah Tomohon Empat, Pnt. Ir. Stefanus B.A.N. Liow, MAP, dalam sambutannya mengatakan pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, berjemaat, bermasyarakat dan berbangsa.

“Tapi, mau tidak mau harus dihadapi, seraya berharap Covid-19 cepat berlalu dengan terus memohon pertolongan Tuhan, mematuhi protokol kesehatan, serta berinovatif untuk pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan ekonomi dan ketahanan pangan,” ujar Liow.

Lebih lanjut, mantan Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM 2005-2014 dan Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM 2014-2018 mengungkapkan, sekalipun kita berbeda latar belakang status sosial, profesi, etnis, budaya dan warna-warni politik, tetapi harus bersatu dalam menjawab keterpanggilan gereja untuk bersekutu, bersaksi dan melayani.

Anggota DPD RI/MPR RI ini juga mengingatkan, perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) rawan menimbulkan perpecahan terhadap keragaman, kebersamaan, kekeluargaan.

“Oleh karena itu, semua elemen masyarakat di dalamnya bapak-bapak, gereja harus terlibat aktif dalam upaya mempertahankan persatuan dan kesatuan, kebersamaan, kekeluargaan, keamanan, kerukunan dan kedamaian,” lanjutnya.

“Jangan sampai perhelatan Pilkada merusak itu semua, hanya karena terjebak pada kepentingan sesaat,” imbuh Liow.

Menurutnya, secara institusi gereja tidak boleh berpihak pada salah satu warna atau partai politik.

“Tugas gereja adalah memperlengkapi warganya melakukan pembinaan dan pendidikan politik, diantaranya untuk menggunakan hak politiknya sebagai warga negara serta menjadi terdepan berpolitik santun,” sambungnya.

Diketahui, hadiah untuk enam jemaat yang mengikuti lomba solo, diberikan oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Tomohon, Pnt. Ir. Miky Junita Linda Wenur, MAP, yang juga Sekretaris Komisi Wanita/Kaum Ibu Sinode GMIM.

(Anugrah Pandey)