Harapkan Kepala Daerah, Mendikbud: Pastikan Anak Sekolah Belajar Aman

MANGUNINEWS.COM, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), mengharapkan para kepala daerah memastikan beberapa hal, bagaimana anak-anak dapat belajar dengan aman.

Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Makarim dalam kegiatan yang membahas kebijakan pembelajaran di masa pandemi, Rabu (2/9).

Ia mengatakan, pertama, sekolah yang masih dalam daerah zona merah, belajar dari rumah.

“Kedua, sekolah yang berada di zona kuning, untuk persiapkan dana membantu sekolah memenuhi protokol kesehatan,” kata Nadiem.

Lanjutnya, menurut Nadiem harus juga memberi pemahaman tentang kurikulum darurat, modul pembelajaran luring dan belajar dari rumah.

“Keempat, akselerasi testing di daerah, untuk memenuhi standar minimal atas 1/1000 penduduk,” lanjutnya.

Kemudian, dia juga mengingatkan pada sekolah, untuk memastikan pengisian nomor hp siswa di dapodik, untuk menerima bantuan penyediaan kuota.

Menteri Nadiem berharap, agar dinas pendidikan untuk bisa merangkul dan menginstruksikan seluruh pelaku pendidikan di kabupaten/kota masing-masing, untuk selalu mematuhi aturan-aturan yang berlaku.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kepala daerah dan kepala dinas pendidikan seluruh Indonesia, termasuk Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., CA., melalui aplikasi zoom meeting. (Anugrah Pandey)