Harga Membaik, Lesar: Produksi Jagung di Mitra Ada Peningkatan

MANGUNINEWS.COM,Mitra – Kepala bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara Frenkie Lesar mengatakan jagung menjadi komoditi untuk hasil pertanian yang menunjukan adanya peningkatan produksi di bidang pertanian di kabupaten Mitra.

“Jadi untuk diketahui dari berbagai macam komoditi, tanaman jagung menjadi tanaman yang menunjukan adanya kenaikan hasil produksinya, dimana jenis yang biasanya ditanam para petani di mitra yakni jenis jagung JH37, “kata Lesar. Saat ditemui MANGUNINEWS.COM, di Ruang Kerjanya di Kantor Dinas Pertanian Mitra, Kamis (7/10/21).

Adapun peningkatan produksi jagung ini,dikarenakan disaat pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang mengolah lahan pertaniannya.

” Peningkatan indek pertanian, terlihat dengan adanya Kenaikan hasil signifikan ini karena animo masyarakat yang beraktifitas di lahan pertaniannya, dimana jagung merupakan tanaman yang muda untuk ditanam dilahan pertanian, dan juga hasil pertanian komoditi ini di pasar melonjak harganya, sehingga keinginan para petani jagung untuk menanamnya sangat tinggi, meskipun terkadang benih yang ditanam selanjutnya adalah benih hasil panen sebelumnya, “terangnya.

Dinas pertanian juga yang pastinya akan berusaha mendapatkan dan menyalurkan bantuan benih kepada kelompok-kelompok tani di Mitra walaupun saat ini masih terkendala pandemi Covid-19.

“Karena terkendala dengan Pandemi Covid-19 dan adanya recofusing anggaran maka kepengurusan administrasi untuk mendapatkan bantuan benih untuk kelompok tani sedikit terpengaruh, namun tentunya pihak dinas pertanian berusaha agar bantuan untuk kelompok-kelompok tani selain benih atau bibit jagung, bibit lain juga bisa diberikan pada masyarakat yang berprofesi sebagai petani, “Tukas Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura ini.

Penulis: Herie Soriton

Editor: Lefrando Gosal