Hutapea: Pasien Isoman di Minahasa, Bisa Dapatkan Bantuan Dinsos Jika Ada Permohonan Dari Pemdes

MANGUNINEWS.COM, Langowan Barat – Sejak bulan agustus Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Sosial Kabupaten Minahasa telah menyediakan dan menyalurkan bantuan kepada para pasien yang dinyatakan positif Virus Covid-19, yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Adapun untuk mendapatkan bantuan tersebut, maka, Pemerintah Desa harus terlebih dahulu membuat permohonan kepada Dinas Sosial kabupaten Minahasa, jika ada warga yang sedang melakukan isoman, tapi jika tidak ada permohonan dari pemerintah desa ke dinas sosial, maka para pasien isoman tidak akan mendapatkan bantuan, karena tidak ada dasar pelaporan dari desa, hal ini untuk mencegah saat pemeriksaan nanti di dinas sosial.

“Untuk mendapatkan bantuan harus terlebih dahulu ada pelaporan dari pihak pemerintah desa dengan membuat permohonan kepada dinas sosial kabupaten minahasa, bahwa desa tersebut memiliki pasien Covid-19 yang sedang melakukan Isoman, “Kata Kepala Dinas Minahasa melalui Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Robert Hutapea, Kepada Media ini saat menyalurkan Bantuan disalah satu desa di kecamatan Langowan Barat, Rabu (13/10/21).

Lanjut Dia, pemerintah daerah sejak agustus hingga bulan oktober ini, telah menyiapkan bantuan bagi para pasien isoman sebanyak 3000 paket bantuan dimana saat ini sudah 2000 paket bantuan disalurkan.

“Jadi tentunya harus ada koordinasi pihak desa dan kecamatan agar bantuan bagi pasien isoman ini bisa tersalurkan, sebab kami tentunya setiap membawah paket bantuan ini harus terlebih dahulu mendapatkan permohonan dari desa tersebut terkait dengan adanya pasien isoman, “Terang Hutapea.

Menurutnya, jumlah permintaan bantuan ada pengurangan ketika memasuki level 2, berbeda dengan saat level pertama dimana sedang naik kasusnya maka permintaan sangat tinggi.

“Jadi saat ini bantuan di dinas sosial masih ada kurang lebih 1000 paket bantuan, dimana dalam paket bantuan ini, terdiri dari beras,ikan kaleng, minyak goreng, gula, mie intans. Bantuan ini telah disiapkan oleh pemerintah daerah dan diserahkan kepada dinas sosial untuk menyalurkan jika ada permohonan, dimana penyaluran di tahap pertama dibulan agustus sebanyak 900 paket dan tahap kedua dibulan september sebanyak 1100 paket dan saat ini di dinas sosial masih tersedia 1000 paket bagi pasien yang sedang isoman, “Pungkasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Hukum Tua Desa Tumaratas 2 Rocky Woran mengatakan bahwa, “pihak Pemdes Tumaratas 2 beberapa waktu yang lalu telah melakukan permintaan bantuan dengan memasukan terlebih dahulu permohonan kepada Dinas Sosial Minahasa dan direspon langsung dimana sesuai permohonan yang kami ajukan warga yang melakukan isoman di desa Tumaratas 2, maka hari ini bantuan dari dinsos akan segera disalurkan pada pasien isoman, “Pungkasnya. Penulis: Safen Editor: Lefrando Gosal.

Penulis: Safen

Editor: Lefrando Gosal.