IAKN Manado Bidik Kerja Sama dengan Filipina

352

MANGUNINEWS.COM, Manado –  Tren positif terus ditunjukkan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado. Itu terlihat dari sejumlah program yang giat digencarkan perguruan tinggi besutan DR Jeane M. Tulung ini.

Tak tanggung-tanggung, kerja sama dengan pemerintah luar negeri pun terus dibidik kampus kebanggaan warga bumi nyiur melambai itu. Kali ini pemerintah Filipina dipastikan bakal jadi sasaran kerja sama.

Hal itu diungkapkan Rektor IAKN Manado, Jeane M. Tulung baru-baru ini di hadapan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), di Auditorium Gedung Kuliah Terpadu Kampus IAKN Manado, Kalasey, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa.

“Saya punya kerinduan mahasiswa IAKN bisa mengikuti KKN atau PPL di Davao, Filipina,” ujar Tulung.

Guna menjawab kerinduan itu, Tulung membeberkan jika pihaknya sudah melakukan lobi-lobi dengan pemerintah Filipina. Bahkan, keinginan itu sudah mendapat respon positif dari negara tetangga Republik Indonesia.

“Beberapa waktu lalu kami (IAKN Manado, red) sudah melakukan lobi dan direspon baik. Informasi terakhir dari Manila, pihak kedutaan besar Filipina akan datang di tempat kita untuk mengikuti pekan bakti nasional sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU),” beber Tulung.

Dijelaskan, salah satu program kerja sama antara IAKN Manado dan pemerintah Filipina yakni pemberian beasiswa terhadap murid di Sekolah Indonesia Davao.

“Kita juga akan memberikan beasiswa kepada anak-anak sekolah di Indonesia Davao untuk berkuliah di IAKN Manado. Nantinya mereka juga bisa melatih mahasiswa di IAKN untuk berbahasa Inggris,” tuntasnya. (Kharisma Kurama)