Imbas Cuaca Extrem, Bupati Sumendap: Waspada Banjir Dan Tanah Longsor

MANGUNINEWS.COM, Mitra – Meningkatnya intensitas cuaca extrem belakangan ini membuat Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, mengeluarkan himbauan pada masyarakat di Mitra untuk waspada akan bencana banjir dan tanah longsor imbas cuaca ekstrem tersebut.

“Ada baiknya masyarakat untuk selalu waspada terhadap musim penghujan ini. Mengingat di musim seperti sering terjadi bencana longsor atau banjir,” ujar Sumendap, Minggu (18/4/2021).

Lebih lanjut, dikatakannya, bencana sering kali terjadi di daerah dengan struktur tanah labil, karena itu warga yang tinggal kondisi wilayah seperti itu mesti waspada.

“Kepada masyarakat kami meminta untuk selalu waspada dan mengenali kondisi dilingkungan sekitar dan situasinya. Dimana intensitas hujan yang cukup besar disertai dengan angin yang begitu kencang, maka bagi masyarakat yang berada di kemiringan yang rawan longsor begitu juga yang ada di pesisir pantai agar lebih waspada terhadap cuaca saat ini” kata Sumendap.

Antisipasi akan terjadinya banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.Maka perlu bagi kita untuk waspada agar tidak terjadi hal-hal yang kita tak inginkan bersama.

“Karena itu lanjut Sumendap masyarakat terutama yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir agar waspada baik pagi hari sampai malam, “sambung Bapak Pembangunan Mitra ini.

“Jadi bilamana ada hal-hal yang tak inginkan terjadi diharapkan kepada seluruh warga masyarakat segera melaporkan hal tersebut kepada pemerintah setempat. Ataupun bisa menghubungi nomor-nomor telepon yang sudah tersedia di setiap Pos Covid-19,”pinta Sumendap.

Sumendap pun menambahkan, dalam kondisi cuaca seperti ini kami meminta bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua agar waspada terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Dengan curah hujan lebat serta diikuti dengan petir saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang melakukan perjalanan untuk berhati-hati, karena jalan menjadi licin dan hindari berteduh dibawah pepohonan agar terhindar dari kejadian yang kita tak inginkan bersama terjadi,” pungkas Bupati James Sumendap.

Editor: Lefrando Gosal
Penulis: Herie Soriton