Ini 5 Strategi Penanganan Covid-19 ala Kapolda Kalsel

MANGUNINEWS.COM, Banjarmasin – Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat atau diskusi dalam rangka peningkatan koordinasi percepatan penanganan virus corona di Ruang rapat Utama Polda Kalsel, Rabu 10 Juni 2020.

“Semua turut andil dalam mengantisipasi bertambahnya jumlah pasien corona tersebut,” katanya, Rabu (10/6/2020).

Nico menjelaskan ada 5 strategi yang ia paparkan dalam upaya menangani virus corona tersebut. Yang pertama adalah pembuktian tes laboratorium atau PCR test.

“Di Kalsel yang semula 128 per hari bisa menjadi 600 sehari, dengan pertambahan itu maka hasil tesnya bisa dipercepat,” katanya.

Kedua adalah peningkatan kapasitas Rumah Sakit dan rumah isolasi dan ini dibayarkan dari 600 menjadi masing-masing 1200 untuk antisipasi terjadinya lonjakan setelah PCR itu datang dan yang ketiga yaitu pembuatan Kampung Tangguh Banua, banua itu bersih aman nyaman unggul dan sejahtera.

“Perlunya penambahan kapasitas RS dan ruang isolasi dan tak kalah penting adalah membentuk Kampung Tangguh Banua dengan melibatkan peran serta masyarakat. Dengan Kampung Banua ini bisa kita kendalikan per Lurah sebagai ujung tombaknya,” jelas Nico.

Lalu yang ke empat adalah operasi penegakan disiplin oleh TNI-Polri di tempat keramaian seperti pasar, mall, pelabuhan dan bandara sehingga bisa diatur protokol kesehatan covid-19 nya.

Yang Kelima adalah efisiensi anggaran guna peningkatan sinergitas Pemda, Polri dan TNI.

“Penggunaan anggaran secara maksimal untuk penanganan dengan sinergitas maka tak terbuang sia-sia,” tandasnya. (phee)