Ini Penyampaian Sekda Lalandos Saat Buka Workshop D3TLH

MANGUNINEWS.COM, Mitra – Senin (1/3/21), Sekertaris daerah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), David H Lalandos AP MM, membuka Workshop I pengolahan Data Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (D3TLH) Kabupaten Mitra tahun 2021, yang digelar melalui video conference (Vidcon), dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E-SUMA). Adapun kegiatan Workshop tersebut yang dibuka Sekretaris daerah David H Lalandos AP MM, pada akhir pekan lalu.

Pada kesempatan ini dalam sambutannya Sekda Lalandos menyampaikan, maksud D3TLH adalah memberikan data dan informasi hasil inventarisasi sumber daya alam dan lingkungan hidup di Kabupaten Minahasa Tenggara. Menentukan cadangan sumber daya alam, menyusun neraca sumber daya alam dan lingkungan hidup dan menyusun rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (RPPLHD)

“Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan data dan Informasi awal mengenai sumber daya alam terstandar dengan muatan antara lain potensi dan ketersediaan, jenis yang dimanfaatkan, bentuk penguasaan, pengetahuan pengelolaan, bentuk kerusakan dan konflik dan penyebab konflik yang timbul akibat pengelolaan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara, ”Terang Sekda Lalandos.

Dia berharap, kerja sama seluruh perangkat daerah dapat menyelesaikan dokumen D3TLH di Minahasa Tenggara.

“Atas nama pemerintah Bupati James Suemendap SH, mengucapkan terima kasih kepada para narasumber P3E-SUMA yang telah membantu kami dalam proses pengolahan D3TLH di Minahasa Tenggara,” tutup Sekda David Lalandos.

Diketahui kegiatan yang dilaksanakan ini diketuai narasumber workshop tersebut Kepala P3E-SUMA DR. Ir Dharmansyah M.Si beserta Kabid Inventarisasi SDA-LH dan Kasubid Pertambangan Migas dan Kelautan P3E-SUMA. Dan dihadiri Komisi II DPRD Mitra, staf khusus Bupati Mitra DR Ir Zetly Tamod, para asisten, kepala perangkat daerah serta camat.

Penulis: Herie Soriton