ISBIMA Siap Hadirkan ‘Cahaya Bidadari Minahasa, Pinkan Matindas’

MANGUNINEWS.COM, Manado – Sebuah pentas produksi siap disajikan Institut Seni Budaya Independen Manado (ISBIMA). Pagelaran kolosal ini akan menghentak Sulawesi Utara di ujung Oktober 2020.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Direktur ISBIMA, Achi Breyvi Talanggai. “Ini pentas produksi ISBIMA ketiga,” sebut Talanggai yang juga sutradara pentas teater ini, Jumat (9/10/2020).

Pagelaran produksi teater bertajuk “Cahaya Bidadari Minahasa, Pinkan Matindas” yang rencananya akan digelar di eks kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sario, Manado tersebut merupakan karya Achi Breyvi Talanggai sendiri.

Menurutnya, karya ini menceritakan tentang kisah asmara antara Pinkan dan Matindas yang berujung pada peperangan antara orang Minahasa dan Kerajaan Bolaang Mongondow.

“Dikisahkan, Raja Bolaang Mongondow yang jatuh hati melihat patung Pingkan, kemudian datang ke tanah Malesung untuk meminang Pingkan,” tutur Talanggai, mengungkap sedikit sinopsis karyanya.

Disebutkan, pentas tersebut akan melibatkan sejumlah aktor yang cukup dikenal di dunia teater Sulut seperti, Marcelino Silouw yang akan tampil sebagai Matindas, Keyzia Rantung sebagai Pingkan, serta Rivo Sumampow sebagai raja.

“Ada banyak pemain. Pementasan kolosal bernuansa epik dan musikal ini akan melibatkan sekitaran kurang lebih 50 pemain. Termasuk aktor senior Deisy Wewengkang,” bebernya.

Ia berharap, pentas produksi yang akan dihadirkan ISBIMA ini akan mendapat dukungan penuh dari masyarakat Sulut, terlebih khusus para pencinta teater. (Tim MN)