Ivansa: Dunia Pasti Mengacungkan Jempol Ketika Pilkada 2020 Ditunda Akibat Corona

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Setalah Jantje Wowiling Sajow (JWS) yang mengungkapkan penundaan Pilkada Sulut akibat Covid-19. Hal senada juga disampaikan Ivan Sarundajang (Ivansa) kepada manguninews.com, Selasa (17/03) siang saat diwawancarai via telepon.

“Dunia pasti akan mengacungkan jempol ketika Pesta Demokrasi ini ditunda karena kita Indonesia lebih mementingkan kemanusiaan,” ujar Ivansa.

Menurutnya, Indonesia dalam mengatasi covid-19 tidak masiv dan sumber daya yang ada tidak sama dengan negara-negara maju yang langsung terisolasi. Contohnya di Indonesia tidak semua penerbangan keluar negeri dikarantina.

Ditanya soal anggaran yang telah digunakan untuk Pilkada serenta 2020 Ivansa lebih menekankan pada kemanusiaan dan menurutnya uang bisa dicari lagi.

“Kelangsungan kehidupan manusia lebih di atas segala-galanya. Pasti banya orang bilang sudah banyak uang yang dikeluarkan dalam rangka pilkada serentak ini, ya uangkan bisa dicari. Negara yang mengeluarkan uang, apakah negara mau terima resiko. Indonesia baru kena dan dalam prosentasi Indonesia no 2 setelah Itali, 96 yang terindikasi dan 5 yang meninggal,” ungkap Ivansa.

Dirinya berharap Presiden Jokowi bersama timnya dapat menganalisis fenomena ini sebab kasus Covid-19 atau corona seperti fenomena Gunung Es. Dari 96 yang terindikasi pasti berkali-kali lipat yang belum ditemukan. (Kelly Korengkeng)