Jika kasus Covid-19 Perkembangannya Luar Biasa di Minahasa, Pilhut Bakal Ditunda

MANGUNINEWS.COM, Minahasa – Pemilihan Hukumtua (Pilhut), yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Minahasa, rencananya akan segera memasuki tahapan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa , dimana pilhut ini akan digelar di 102 Desa di Minahasa, yang tahapannya direncanakan pada bulan agustus mendatang.

Namun persoalannya sesuai dengan edaran dari Kementerian Dalam Negeri  terkait pelaksanaan Pilhut harus melihat dahulu perkembangan Covid-19, di masing-masing daerah (kabupaten) yang layak melaksanakan pilhut.

Menangapi surat edaran ini maka akan menjadi pertimbangan utama Pemkab Minahasa dalam melaksanakan Pemilihan Hukumtua tua, “tahapan rencananya akan dimulai pada Agustus nanti, namun jika adanya perkembangan yang luar biasa  terkait kasus  Covid-19 di Minahasa, maka  akan menjadi bahan pertimbangan  Pemkab Minahasa untuk menunda atau tetap melaksanakan Pilhut di Minahasa, “Ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala kepada sejumlah wartawan disalahsatu kegiatan, di desa Kaweng kecamatan Kakas, Senin  (29/06/21).

MangaIa menjelaskan bilamana terjadinya  lonjakan kasus Covid-19, pada saat memasuki tahapan dan jelang pilhut nanti, maka tahun ini belum ada pemilihan hukumtua walaupun sudah dianggarkan oleh Pemkab untuk pelaksanaan pilhut.

“Mari kita  doakan bersama agar Pandemi Covid-19 ini, akan segera berlalu, agar  supaya Pilhut di 102 desa di Minahasa nanti akan dilaksanakan,” tukas Asisten Satu ini.

Penulis: Safen

Editor: Lefrando Gosal