K-SBSI Sulut Bahas Strategi Advokasi dan Pemberdayaan Buruh

MANGUNINEWS.COM, Manado – Koordinator Wilayah (Korwil) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Sulawesi Utara (Sulut) gelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Gedung Pikat Sario, Manado, Kamis (21/10/2021).

Rakorwil ini adalah agenda tahunan Korwil K-SBSI Sulut. Pelaksananya digilir setiap Federasi SBSI kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sulut. Kali ini, Kota Manado di bawah koordinasi Ketua DPC F-SBSI Kota Manado, Inggrid Inge Walewangko, yang menjadi tuan rumah.

Wakil Korwil Sulut, Paulus Adrian Sembel, menjelaskan Rakorwil K-SBSI ini bertujuan melaksanakan konsolidasi program serta mengkoordinasikan kerja-kerja organisasi selama setahun berjalan.

“Peserta Rakorwil adalah Federasi SBSI kota dan kabupaten se-Sulut. Pada saat ini mereka ikut mendapatkan pembekalan dari pimpinan Korwil Sulut,” kata Sembel.

Sebelum acara pembukaan, kegiatan diawali dengan laporan Ketua Panitia Erwin Tandayu S.E., dan selanjutnya langsung diisi dengan materi dari BP Jamsostek.

“Materi yang disampaikan, hal-hal kerja Jamsostek sehubungan dengan ketenagakerjaan. Perlindungan terhadap pekerja ikut disampaikan, terutama kaitan dengan kecelakaan kerja dan kematian. Ikut disampaikan soal bagaimana tanggungan yang harus diterima pekerja atau keluarga atau ahli waris,” papar Sembel.

Setelah agenda pembukaan dan acara organisasi, Rakorwil dilanjutkan dengan arahan oleh Ketua Korwil K-SBSI Sulut, Lucky Ch. M. Sanger.

Dalam arahan dan sambutannya, Sanger menyampaikan berbagai aspek dalam rangka bagaimana menggerakan organisasi ini, khususnya F-SBSI yang ada di kabupaten dan kota untuk tetap semangat dalam rangka advokasi dan pembedayaan bagi buruh yang ada di wilayahnya. Khususnya yang tergabung dalam Pengurus Komisariat di setiap wilayah kerja FSBSI kabupaten dan kota.

“Saya berharap agar soliditas selalu terjaga dan marilah kita berkontribusi untuk kepentingan para buruh,” pinta Sanger.

la juga menyampaikan soal kesiapan untuk mengikuti Kongres K-SBSI di Bogor, tanggal 5-7 November 2021. Ikut disepakati, keputusan membawa aspirasi Sulut dengan mencalonkan Johannes D. Pakpahan, S.H., M.H., sebagai calon Ketua Umum KSBSI, Hendrik Hutagalung S.H., sebagai calon Sekjen dan Lucky Ch. M. Sanger sebagai calon Ketua Korwil K-SBSI Sulut.

Selesai arahan Ketua Korwil, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kadis Nakertransda Sulut yang diwakili Kabid Hubungan Industrial (HI), Maya Ticoalu, sekaligus membuka Rakorwil K-SBSI Sulut tahun 2021 secara resmi.

Acara kemudian diteruskan dengan pembekalan kepada peserta, yang disampaikan Sekretaris Korwil Maarthen Lombogia dan Wakil Korwil Sulut Paulus Adrian Sembel.

Setelah rehat makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian laporan dan usulan-usulan setiap F-SBSI kabupaten dan kota untuk dibawa pada pelaksanaan Kongres K-SBSI bulan November 2021 mendatang.

Rakorwil ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Penulis: Anugrah Pandey