Kakaskasen Satu Terima Bansos, Supit: Semua Terdampak Covid-19 Kebagian

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Masyarakat Kelurahan Kakaskasen Satu, Kecamatan Tomohon Utara, berbangga. Kerja nyata yang ditunjukkan pemerintah kelurahan boleh dinikmati.

Dipimpin langsung Lurah Kelurahan Kakaskasen Satu, Rickyanto Supit, SE,  589 kepala keluarga (KK) terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) diberikan bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kota (Pemkot)  Tomohon, Selasa (28/04).

Diketahui, Kelurahan Kakaskasen Satu sendiri menjadi Kelurahan dengan peneriman bansos terbanyak se-Kota Tomohon.

Supit mengaku bersyukur ketika kurang lebih 70 persen dari total KK yang ada di Kelurahannya bisa menerima bansos.

“Kami pemerintah Kelurahan Kakaskasen Satu berupaya mengcover seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19. Kami turun langsung dan mendata. Inilah hasilnya, 589 KK dari total 987 KK, terverifikasi dan diberikan bansos,” urai Supit.

Ia menjelaskan, Kelurahan Kakaskasen Satu ada 10 lingkungan, dan memiliki teknis penyaluran masing-masing sesuai pengaturan para Kepala Lingkungan dan perangkat di lingkungan yang ada.

“Berdasarkan hasil rapat bersama dengan perangkat di lingkungan, penyaluran bansos ke masyarakat diatur dalam beberapa titik. Dari 10 lingkungan, 4 lingkungan disalurkan di sekitaran Kantor Lurah dan Balai Kelurahan, dan 6 lingkungan lainnya disalurkan langsung dengan cara door to door ke rumah warga,” urainya.

Supit mengatakan, ada beberapa jenis bahan pokok untuk bansos tahap pertama ini. “Beras 6 kilogram (Kg), minyak goreng 3 kg, gula pasir 1 kg, dan telur 12 butir,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam penyaluran bansos, tetap memperhatikan protap Covid-19.

“Dalam penyaluran, kami tetap mengacu pada imbauan pemerintah, menjalankan Maklumat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), dan Maklumat Walikota Tomohon,” akunya.

Supit berharap, bansos yang diberikan dapat membantu masyarakat dan difungsikan dengan baik, sambil terus melakukan anjuran pemerintah.

“Tetap melakukan social dan physical distancing, terus lakukan anjuran pemerintah, dan memakai masker jika secara mendesak harus keluar rumah,” tutupnya.

Diketahui juga, penyaluran bansos ini dikontrol dan disaksikan langsung oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon daerah pemilihan (Dapil) Tomohon Utara, Jimmy Wewengkang dan Jenny Sompotan, Camat Kecamatan Tomohon Utara, Inspektorat Kota Tomohon, pihak Kepolisan, dan TNI. (Risal Kahidopang)