Kapolres Boltim Pimpin Pembersihan Material Longsor di Jalan Badaro

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan – Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memberikan apresiasi terhadap Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara, melalui Polres Boltim di bawah komando Kapolres AKBP Irham Halid. Gerak cepat merespon bencana, jadi pemantik.

Pasalnya, hujan yang terus mengguyur wilayah Boltim mengakibatkan bencana alam tanah longsor. Sejumlah ruas jalan yang menghubungkan antar kecamatan, baik Kecamatan Modayag-Nuangan, Kecamatan Modayag-Motongkad mengalami longsor hingga menutupi ruas jalan.

Kondisi ini menyebabkan ruas jalan yang ada sulit dan bahkan tidak bisa dilalui oleh warga pengguna jalan, baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Senin (3/8), sekitar pukul 14.00 Wita, Kapolres AKBP Irham Halid turun langsung bersama anggotanya melaksanakan giat bakti sosial (baksos) membersihkan material longsor yang menutupi ruas jalan trans Sulawesi, tepatnya di wilayah Desa Badaro, Kecamatan Modayag.

Sembari menunggu kedatangan alat berat, Kapolres bersama anggota dengan menggunakan alat seadanya berupa cangkul dan sekop, membersikan jalan agar bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selang beberapa jam giat baksos pembersihan ruas jalan dilakukan secara manual, sekitar pukul 16.30 Wita, alat berat jenis excavator tiba di lokasi dan langsung melakukan pembersihan jalan yang terkena longsor.

Dengan adanya giat baksos tersebut, pada pukul 18.15 Wita, pembersihan ruas jalan selesai dilaksanakan. Walaupun situasi ruas jalan masih licin tetapi sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan menggunakan sistem buka tutup ruas jalan.

Giat baksos yang dipimpin langsung oleh Kapolres Irham Halid tersebut selesai pada pukul 18.30 Wita, berlangsung aman dan lancar.

Turut hadir dalam giat baksos itu di antaranya para Kabag dan Kasat Polres Boltim, Kapolsek Modayag, personil Polres Boltim, masyarakat dan perangkat desa setempat.

Di tempat terpisah, Kapolres Boltim Irham Halid ketika dikonfirmasi membernarkan adanya giat baksos tersebut. “Iya benar, kami dari Polres Boltim telah melaksanakan giat baksos pembersihan material longsor yang berada di ruas jalan trans Sulawesi, tepatnya di wilayah Desa Badaro,” jelasnya. (Pusran Beeg)