Kapolres Tomohon: Tindak Tegas Oknum yang Meresahkan Masyarakat

AKBP Bambang Ashari Gatot

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Berbagai upaya untuk menghindari terjadinya tindak pidana, khususnya yang disebabkan oleh minuman keras (miras), merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Ini menjadi pekerjaan rumah, baik oleh pemerintah, aparat penegak hukum, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, bahkan semua pihak terkait lainnya, untuk mencari solusi pemecahannya.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tomohon, AKBP Bambang Ashari Gatot, SIK, M.H., menjelaskan dalam beberapa hari bertugas, masih banyak kejadian-kajadian di Kota Tomohon yang meresahkan masyarakat.

“Beberapa hari saya bertugas di Polres Tomohon, ternyata hasil evaluasi, banyak kejadian baik penganiayaan, keributan, bahkan kejadian lainnya yang membuat keresahan di masyarakat. Salah satu penyebab utama, pelaku telah mengkonsumsi minuman keras,” ucap Gatot.

Menyikapi hal itu, Kapolres memerintahkan kepada seluruh personil Kepolisian Resor (Polres) Tomohon, terlebih khusus kepada Bhabinkamtibmas untuk memberi imbauan dan penegasan kepada masyarakat.

“Saya sudah perintahkan kepada seluruh personil Polres Tomohon, terutama Bhabinkamtibmas untuk memberikan imbauan sekaligus penegasan kepada masyarakat. Apalagi yang suka mengkonsumsi minuman keras, agar tidak membuat keributan sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat, saat sudah mabuk,” ujar Gatot.

Bukan saja Bhabinkamtibmas, Kapolres juga berharap kepada seluruh jajaran Polres Tomohon, baik Tim Totosik, Tim Resmob dan Tim Cekal untuk cepat merespon laporan-laporan yang masuk dari masyarakat.

“Seluruh jajaran Polres Tomohon, Tim Totosik, Tim Resmob, Tim Cekal, agar segera merespon laporan masyarakat, yang melaporkan jika ada oknum, yang meresahkan masyarakat, apalagi sudah dalam pengaruh minuman keras dan segera mengamankan oknum yang mabuk ini,” tandas Gatot.

Terkait hal itu, Polres Tomohon akan berkerja sama dengan semua pihak, termasuk pimpinan-pimpinan agama guna memberi efek jera terhadap oknum-oknum yang membuat keresahan bagi masyarakat.

“Kami jajaran Polres Tomohon, akan bekerja sama dengan semua pihak, terutama dengan pemimpin-pemimpin agama, dalam rangka menimbulkan efek jera, bagi oknum-oknum yang suka membuat keributan atau keresahan di masyarakat. Apalagi dikarenakan sudah mabuk. Nanti akan dibacakan nama-nama oknum tersebut di rumah ibadah,” pungkasnya, sembari mengajak semua elemen masyarakat yang ada di wilayah hukum (Wilkum) Polres Tomohon, untuk bekerja sama menjaga keamanan dan ketertiban yang ada. (Denny Pongayow)