Kapolri Apresiasi Bripka Jerry, Ini Kata Kapolda Sulut

129

MANGUNINEWS.COM, Manado – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara Irjen Royke Lumowa mengucapkan rasa terima kasih atas atensi dan apresiasi yang dilayangkan Kapolri Jendral Idham Azis kepada Kanit Reskrim Polsek Dimembe, Minahasa Utara, Bripka Jerry Tumundo.

“Atas nama semua jajaran Polda Sulut, kami menyampaikan terima kasih yang setinggi tingginya kepada bapak Kapolri atas penghargaan tulus yang diberikan kepada Bripka Jerry atas aksi heroiknya memakamkan jenazah Covid 19 yang terlantar,” katanya, Senin (13/4/2020).

Mantan Kepala Korps Lalulintas (Kakor Lantas) Polri ini mengayakan penghargaan ini akan menjadi pemicu semangat bagi anggota Polri untuk dalam menjalankan tugas.

“Penghargaan ini menjadi pemicu semangat semua insan Bhayangkara Bumi Nyiur Melambai didlm menjaga Ibu Pertiwi dengan setulus hati,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Idham Azis memberikan apresiasi yang tinggi untuk aksi humanis Bripka Jerry Tumundo yang viral di media sosial.

Kanit Reskrim Polsek Dimembe, Minahasa Utara ini secara sukarela menjalankan pekerjaan kemanusiaan di luar tupoksi Polri saat memakamkan jenazah pasien Covid-19 yang sempat terlantar selama dua jam itu. Bripka Jerry difasilitasi Sekolah Inspektur Polisi (SIP).

“Saya atas nama pribadi dan institusi Polri respect sama hasil kerja kemanusiaan kamu, saya terima kasih. Seluruh anggota Polri bangga akan ketulusanmu bekerja membantu memakamkan korban akibat Covid-19,” kata Idham lewat sambungan video call WhatsApp dengan Jerry, Senin (13/4/2020).

Diketahui, sempat tertahan dua jam sebelum dimakamkan, Jenazah pasien Covid-19 yang meninggal pada Jumat (10/4) akhirnya dimakamkan oleh pihak Kepolisian. Hal tersebut terjadi karena Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tidak ada di lokasi pemakaman sejak jenazah datang pada pukul 10.25 WITA.

Pemakaman dilakukan setelah pihak kepolisian dan juga anak tiri dari pasien nomor 07 di Sulawesi Utara mau menjadi sukarelawan untuk mengubur jenazah, setelah pihak Satgas COVID-19 Sulawesi Utara berinisiatif membawa Alat Perlindungan Diri (APD) yang dibagikan untuk sukarelawan.

Kanit Reskrim Polsek Dimembe, Bripka Jerry Tumundo menjadi orang pertama yang menyatakan siap untuk menjadi sukarelawan menguburkan jenazah yang sudah telantar hingga hampir dua jam di dalam ambulans.