Kehilangan Sepeda Motor, Warga Tondei Satu Mengadu ke Polsek Motoling

Honda Sonic 150 cc berwarna hitam dengan nomor plat DB 2743 EO yang hilang.

MANGUNINEWS.COM, Motoling Barat – Desa Tondei Satu, Kecamatan Motoling Barat, Minahasa Selatan, disusupi maling, Rabu (15/7), sekira pukul 01.00 Wita. Sepeda motor milik keluarga Sual-Tombuku, Warga Jaga IV, jadi target si maling.

Motor Honda Sonic 150 cc berwarna hitam dengan nomor plat DB 2743 EO, nomor mesin KB11E-1119297 yang dikendarai oleh adik pemilik, Swadi Sual, hilang saat parkir di halaman rumah keluarga Lonteng-Sual, di Jaga II desa tersebut.

Saat ditemui wartawan media ini, Kamis (16/7), Swadi Sual menceritakan peristiwa itu. Ia membenarkan jika memang terjadi pencurian di hari Rabu dini hari.

“Terjadi pencurian kemarin hari, dini hari tanggal 15 Juli 2020, sekitar jam satu, di halaman rumah keluarga Lonteng-Sual. Motor Honda Sonic keluaran 2019 warna hitam,” kata Sual saat diwawancarai.

Ia mengaku, awalnya sempat berpikir jika ia hanya kena prank atau kendaraan itu telah diambil sang kakak, namun kenyataan tak berkata demikian.

“Awalnya kita pikir tamang cuma da prank akang, karna ada biasa baku-baku sedu simpang motor. Tapi sampe depe siang blum ada kabar,” ujar Sual.

Lanjutnya, “Kita lei sempat bapikir, sebenarnya karna motor kita pe kaka punya, mungkin dorang so ambe. Mar akhirnya depe siang, ternyata nda.”

Saat mengetahui jika kendaraan itu benar-benar hilang, Sual dan kawan-kawan menyusuri perkampungan hingga perkebunan sekitar. Tapi kendaraan roda dua (R2) itu tak juga ketemu.

“Kita deng tamang-tamang so beking pencarian, torang telusuri dari siang sampe malam, di kampung bahkan sampe di kobong-kobong mar memang nda dapa,” ucap Sual.

Karena usaha mereka tak membuahkan hasil, Sual pun mengajak salah satu temannya untuk mendatangi Kepolisian Sektor (Polsek) Motoling, untuk melaporkan kejadian tersebut.

“Hari ini kita deng tamang satu datang di Polsek Motoling untuk melaporkan kehilangan ini dan sudah diterima oleh Polsek walaupun belum diprint,” katanya.

Ia memastikan jika laporan telah diterima oleh pihak Kepolisian. Namun ada sedikit kendala dengan pembuatan surat kehilangan itu. Salah satu anggota kepolisian yang memegang kunci ruangan untuk mencetak surat, tidak berada di tempat.

“Laporan so diterima, ditulis tangan. Print katanya nanti besok karena ada anggota lain yang pegang kunci ruangan yang ada printer, kemungkinan sementara tugas,” jelas Sual.

Ia pun diarahkan untuk kembali ke Polsek Motoling pada besok hari untuk menandatangani dan mengambil surat yang akan dicetak. Sual berharap jika ada yang melihat kendaraan tersebut, bisa membantu untuk segera menghubunginya.

“Besok dari Polsek bilang bale ulang untuk mo tanda tangan deng mo ambe tu surat yang so print. Kong kalu ada yang lia, tolong bantu akang hubungi ini no HP, 082347303020,” tutupnya.

Diketahui, ketika kejadian itu, ada banyak kendaraan yang terparkir di halaman rumah keluarga Lonteng-Sual namun hanya Honda Sonic hitam itu yang dibabat maling. (Ferlandi Wongkar)