Klarifikasi Video yang Memuat Dirinya, Kapolres Minsel Tegaskan Akan Diproses

MANGUNINEWS.COM, Amurang – Beredarnya video yang memuat gambar Kapolres Minahasa Selatan (Minsel), AKBP S. Norman Sitindaon, dengan tulisan ‘Gak ada yang takut sama Tuhan, saya lebih takut sama Covid’, ditanggapi serius oleh jajaran Polres Minsel.

Saat dihubungi media online manguninews.com, Selasa (26/1), ia mengklarifikasi bahwa video itu di edit oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Diungkapkan, saat ini pihaknya sementara melakukan penyelidikan dan akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Ia menjelaskan, bahwa kalimat sebenarnya yang diucapkan adalah ‘Saya tidak takut sama kalian, saya lebih takut Covid’.

“Kalimat itu saya ucapkan untuk menegur keras masyarakat yang tidak mengindahkan, bahkan melawan petugas gabungan Gugus Tugas Covid-19 Minsel saat hendak menegakkan hukum protokol kesehatan (prokes),” ungkapnya.

Diketahui, video tersebut diambil saat penguburan jenazah di salah satu desa yang ada di wilayah Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minsel.

“Jenazah itu dari pihak rumah sakit telah ditetapkan sebagai pasien terkonfirmasi Covid-19. Kami saat itu hanya menjalankan tugas menegakkan hukum terkait prokes untuk melindungi warga banyak agar tidak tertular. Namun saat itu, sebagian masyarakat dan keluarga almarhum melawan petugas, tidak mau menguburkan jenazah sesuai prokes dan ini tentunya sangat disesalkan. Akan tetapi, setelah menyampaikan himbauan secara berulang-ulang, jenazah akhirnya dikuburkan oleh tim relawan Gugus Tugas,” pungkas Kapolres.

Penulis: Denny Pongajow
Editor: Anugrah Pandey