Kolaborasi IPDN Kampus Sulut-PMI Tomohon Gelar Aksi Donor Darah

MANGUNINEWS.COM, Minahasa – Dalam rangka memperingati Dies Natalis Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ke-66, IPDN Kampus Sulawesi Utara (Sulut) menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tomohon gelar Aksi Donor Darah.

Kepada media ini, Direktur IPDN Kampus Sulut, Dr. Noudy R.P. Tendean, S.IP., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis IPDN.

Ia mengakui, bahwa ini juga merupakan arahan dari rektor kepada pihaknya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan sosial kemanusiaan.

“Donor darah adalah pilihan kami untuk dilaksanakan dalam rangka dies natalis, bekerjasama dengan PMI Kota Tomohon,” ujarnya.

Direktur IPDN Kampus Sulut, Dr. Noudy R.P. Tendean, S.IP., M.Si.

Menurut Tendean, dari perspektif lembaga pendidikan perguruan tinggi, kegiatan ini merupakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat yang mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu dharma pengabdian masyarakat.

“Tentunya ini dalam kaitannya juga dengan eksistensi praja ke depan yang nanti akan terjun ke lapangan sebagai kader-kader pemerintahan di berbagai level, sedini mungkin dalam jiwanya itu sudah ditanamkan nilai-nilai kemanusiaan,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia pun menyampaikan terima kasih kepada PMI Tomohon.

“Terima kasih ibu ketua Syerly Adelyn Sompotan yang sudah berkenan melakukan kerja sama didalam proses pelaksanaan donor darah ini, tentunya juga bagi kepentingan atau misi kemanusiaan IPDN sebagai lembaga pendidikan tinggi pada masyarakat,” ucapnya.

Ketua PMI Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan.

Hal senada juga diucapkan Ketua PMI Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan, atas partisipasi yang sudah dilakukan IPDN Kampus Sulut, dengan menggelar Aksi Donor Darah ini.

“Saya atas nama pengurus PMI Tomohon dan Unit Donor Darah Kota Tomohon memberikan apresiasi setinggi-tingginya buat Direktur IPDN Kampus Sulut, yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan giat donor darah. Sekali lagi terima kasih atas partisipasinya. Tuhan Yesus Memberkati,” pungkasnya.

Diketahui, berhubung banyaknya pendonor, PMI Tomohon pun mengundang UDD PMI Minut dan UTD RS Prof. Kandouw untuk bersama-sama mengambil bagian dalam giat tersebut.

Sehingga dalam Aksi Donor Darah kali ini, berhasil dikumpulkan kantong darah sebanyak 82 kantong, dengan rincian UDD PMI Tomohon 34 kantong, UDD PMI Minut 22 kantong dan UTD RS Prof. Kandouw 26 kantong.

Penulis: Anugrah Pandey