Komunitas Milenial Intelektual Tomohon Titip Program ke JGE-VB

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Komunitas Milenial Intelektual Tomohon (Militan) menitipkan beberapa program kepada pasangan calon (paslon) Jilly Gabriella Eman-Virgie Baker (JGE-VB).

Ketua Militan, Kurnia Surentu menyerahkan langsung usulan program tersebut kepada calon wakil wali kota Tomohon, Virgie Baker usai menggelar konsolidasi pemenangan di Anugerah Hill, Selasa (10/11).

Ia mengatakan, peran anak muda dalam keberlangsungan kehidupan bangsa Indonesia terlebih kota Tomohon sangatlah penting.

Menurutnya, generasi muda adalah harapan dan tulang punggung bangsa. Maka dari itu, perlu disediakan wadah oleh pemerintah dalam mengasah kemampuan dan kreatifitas anak muda.

“Kami dari Militan menaruh harapan yang besar bagi paslon ini yang merupakan representasi milenial, untuk bisa membawa masa depan kota Tomohon ke arah yang gemilang,” ujar Surentu.

Adapun beberapa program tersebut yaitu pertama, membuat youth center.

“Youth center ini adalah tempat untuk anak muda berkarya dan berinovasi. Dirancang dengan konsep anak muda, dimana menjadi satu tempat bagi anak muda baik yang bergelut dalam bidang kesenian, olahraga, IPTEK, dsb,” katanya.

Kedua, menyediakan wadah pelatihan skill bagi anak muda yang putus sekolah. Pelatihan-pelatihan yang dimaksud adalah memfasilitasi pelatihan yang boleh menjadi sumber penghasilan bagi anak muda yang putus sekolah untuk mengembangkan potensi yang ada.

“Seperti pelatihan untuk membuat souvenir khas kota Tomohon, pelatihan public speaking, pemberian kursus bahasa asing agar bisa menjadi tour guide, memberikan pelatihan kewirausahaan lainnya agar anak muda dapat memulai usaha sendiri. Dengan ini maka akan mengurangi angka kemiskinan dan angka pengangguran yang ada di kota Tomohon,” sambungnya.

Lanjut Surentu, menyediakan wadah bagi anak muda yang kreatif untuk menjadi event organizer dalam program pemerintah.

“Memberdayakan anak muda yang telah menyatu dalam youth center dan juga hasil dari pelatihan skill untuk dijadikan event organizer dalam beberapa program pemerintah, dimana kota Tomohon sebagai kota pariwisata memiliki banyak event yang memerlukan kreatifitas dan inovatif. Jika melibatkan anak muda maka akan memberikan dampak mutualisme,” pintah Surentu.

Kemudian, menyediakan fasilitas publik yang ramah terhadap kaum disabilitas. Menurutnya, ini akan memudahkan kaum disabilitas untuk beraktifitas di luar rumah.

Ditambahkannya, berhubung pemerintah Indonesia sangat mengharapkan adanya petani milenial, maka perlu juga menyediakan program untuk petani muda. Artinya generasi muda menjadi tulang punggung bangsa.

“Tujuan diadakan program ini, agar semangat anak muda dalam hal bertani atau petani milenial mampu menunjukkan bahwa saatnya yang muda berkarir dan kreatif. Untuk itu, diadakannya petani muda agar generasi muda tidak tinggal diam dalam menjaga ketahanan pangan kedepan,” ujarnya.

“Kegiatan yang akan di tawarkan seperti pengabdian masyarakat, bercocok tanam, membuat inovasi yang baru untuk petani dan terjun langsung dalam mencari masalah yang terjadi di masyarakat petani,” tukas Surentu.

Dirinya pun berharap, JGE-VB dapat mempertimbangkan dan merealisasikan program yang ditawarkan untuk masyarakat kota Tomohon.

Surentu mengatakan, usulan program ini akan terus disampaikan, dengan merangkum aspirasi dalam setiap pertemuan dengan anggota maupun semua kalangan masyarakat Tomohon.

(Anugrah Pandey)