Konfercab Muslimat NU Tomohon, Nurlian Saman Terpilih Sebagai Ketua Pertama

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Sejarah baru tercipta di lingkungan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) pasca digelarnya Konferensi Cabang (Konfercab) ke-I Muslimat NU Kota Tomohon.

Bertempat di Aula KUA Tomohon, Minggu (10/10/2021), Konfercab tersebut dihadiri sekaligus dibuka secara oleh Ketua PCNU Kota Tomohon, Zamroni Khan dan sukses dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan didahului membacakan ayat suci Alquran, sholawat dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mars muslimat, terpantau sidang berlangsung cukup dramatis.

Ahasil secara aklamasi terpilih Nurlian Saman sebagai Ketua Muslimat NU Kota Tomohon yang juga merupakan anggota FKDM dan TP-PKK Kota Tomohon.

“Ini merupakan Konfercab yang pertama di kota Tomohon dan merupakan agenda konsolidasi dari PW Muslimat NU Provinsi Sulawesi Utara, agar PC Muslimat NU Kota Tomohon bisa berhikmat dan mempunyai kekuatan hukum,” ujar pimpinan sidang, Astin Soleman Saba.

Dikatakannya, bahwa hal ini merupakan pesan yang selalu disampaikan Pimpinan Pusat Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Timur.

“Ia selalu berpesan agar mengedepankan konsolidasi dan koordinasi sampai di tingkat ranting. Juga selalu mengingatkan agar tetap bersinergi dengan siapapun, termasuk dengan pemerintah setempat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua terpilih Nurlian Saman optimis menjadikan organisasi ini berfungsi dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Pada intinya ingin menjadikan muslimat NU Tomohon sebagai organisasi perempuan yang berwawasan kebangsaan dan menjunjung tinggi nilai Pancasila dalam NKRI,” tandasnya.

Diketahui, Konfercab tersebut dihadiri oleh Pengurus Wilayah Muslimat NU Provinsi Sulawesi Utara, Dra. Hj. Sartje Rachim Mokoginta bersama jajarannya dan diikuti oleh sekitar 25 personil muslimat utusan dari 5 kecamatan se-kota Tomohon.

Penulis: Anugrah Pandey