Konsisten Melayani di Tengah Pandemi, Potu Upayakan Berbagai Metode PJJ

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Sekolah Dasar (SD) GMIM 7 Tomohon dibawah kepemimpinan Kepala Sekolah Jenny K. Potu, S.Pd., berkomitmen dalam melayani para murid meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19.

Hal itu terlihat saat ditemui tim redaksi manguninews.com, Kepala Sekolah sementara mengawasi para muridnya saat kegiatan belajar mengajar, Senin (2/11).

Ia pun menjelaskan, pihaknya sementara melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kepada para murid dengan tiga metode, yakni dalam jaringan (daring), luar jaringan (luring) dan guru keliling (guling).

Jenny K. Potu, S.Pd.

Lanjut Potu, selain metode diatas, ia juga memberlakukan sistem kegiatan belajar tatap muka (TTM).

“Itu dilakukan pihak sekolah, khusunya bagi siswa kelas satu, untuk pembelajaran membaca, mengitung dan menulis. Setiap harinya minimal 5 orang siswa, khususnya bagi siswa-siswa kelas satu,” ujar Potu.

Dijelaskan, jika ingin melakukan metode TTM, harus membuat surat pernyataan dengan pihak sekolah.

“Ini memang sudah dilangsungkan, namun ada juga kendala beberapa siswa yang tidak diizinkan oleh orang tua mereka. Maka, dikembalikan sepenuhnya kepada orang tua. Jika diizinkan, maka orang tua harus buat kesepakatan dengan pihak sekolah,” jelasnya.

Potu juga mengungkapkan, menurutnya peran para guru maupun pihak sekolah sangat penting untuk keberlangsungan PJJ.

“Pihak sekolah maupun guru-guru terus berupaya semaksimal mungkin, tujuanya supaya PJJ ini berlangsung dengan baik,” tandasnya.

(Anugrah Pandey)