KPU Manado Dalami Ijazah Paula Runtuwene

58

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Tahapan Verifikasi Faktual (Verfak) ijazah pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado tahun 2020 terus digenjot Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado. Rabu (9/9), giliran Universitas Negeri Manado (Unima) jadi sasaran pemeriksaan dokumen ijazah kontestan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Sekretaris KPU Manado, Djemy Tamboto saat diwawancarai awak media membenarkan hal ini.

“Sesuai tahapan pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Manado tahun 2020 saat ini KPU Kota Manado mulai melakukan verifikasi faktual dokumen pasangan calon,” ungkap Tamboto.

Dijelaskan Tamboto, kedatangan KPU Manado di ‘Kampus Biru’ itu, guna memeriksa dokumen dari Calon Wali Kota Manado yang diusung Partai Nasdem, PSI dan Perindo.

“Khusus untuk Unima, ijazah Calon Wali Kota Manado yang kami periksa adalah ijazah Paula Runtuwene,” jelasnya.

Ia menambahkan, tahapan pemeriksaan dokumen ijazah paslon ini dimulai tanggal 6 September hingga 12 September 2020.

“Jadi selain Unima, rencananya kami juga akan ke Langowan untuk memeriksa ijazah Calon Wakil Wali Kota Hanny Pajouw. Selain itu, para komisioner telah berangkat ke luar daerah untuk memeriksa ijazah pasangan calon lainnya,” pungkasnya.

“Dalam verifikasi faktual ijazah para pasangan calon, KPU Manado telah membentuk tim untuk melakukan verifikasi di berapa universitas dan lembaga pendidikan sesuai dengan dokumen ijazah yang dimasukkan oleh para pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado tahun 2020,” pungkasnya. (kharisma)