KPU Manado Tetapkan 4 Paslon untuk Pilwako Manado

MANGUNINEWS.COM, Manado – Kursi Walikota dan Wakil Walikota Manado dipastikan akan diperebutkan 4 pasangan calon (Paslon). Itu setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado mengumumkan secara resmi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado.

Ketua KPU Manado Jusuf Wowor mengatakan, sebelum menetapkan keempat Paslon sebagai peserta Pilkada, KPU sudah memeriksa semua berkas persyaratan yang dimasukan sejak mendaftar dan diverifikasi secara faktual di Manado maupun di luar kota.

“Pemeriksaan dilakukan hingga Senin 21 September. Setelah itu diplenokan pada Selasa 22 September malam. Maka, hari ini kami menggelar pleno penetapan pasangan calon, sesuai dengan regulasi yang ada,” kata Wowor, Rabu (23/9).

Menurutnya, memang masih ada beberapa persyaratan yang belum dimasukkan terlebih khusus untuk yang berstatus sebagai anggota DPRD dan ASN. Namun, hal tersebut tidak melanggar regulasi yang ada untuk ditetapkan sebagai calon tetap.

“Surat pemberhentian dari lembaga DPRD sebagai anggota memang belum ada, tapi itu bisa dimasukkan sampai paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara,” terangnya.

Sementara itu, proses penetapan keempat pasangan calon ini sendiri dibacakan berurutan oleh Komisioner KPU masing-masing Abdul Gafur Subaer yang pertama membaca hasil pleno, untuk menetapkan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Andre Angouw dan Richard Sualang, kemudian dilanjutkan Ismail Harun, membacakan hasil pemeriksaan terhadap berkas Bapaslon Mor Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw.

Komisioner Mohammad Syahrul Setiawan membacakan penetapan Bapaslon Julyeta P Runtuwene dan Harley Alfredo Benfica Mangindaan, dan komisioner KPU Sunday Rompas, membacakan hasil penelitian untuk bapaslon Sonya Selviana Kembuan dan Syarifudin Sa’afa. (Kharisma Kurama)