KPU Minahasa Gelar Tes Tertulis Calon PPK, Bawaslu Awasi Langsung

107

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Minahasa gelar tes tertulis calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pelaksanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020, Senin (3/2).

Tes tertulis yang dilaksanakan di gedung Wale ne Tou, Tondano ini, diikuti oleh calon PPK yang sebelumnya telah lulus seleksi administrasi.

Pelaksanaan tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan para calon PPK terkait pengetahuan tentang Pemilu, tugas atau wewenang dan kewajiban PPK, teknis pemungutan atau penghitungan perolehan suara serta pengetahuan tentang wilayah masing-masing.

“Pelaksanaan tes tertulis dilaksanakan secara serentak oleh seluruh calon PPK yang telah lolos dalam seleksi berkas,” ujar Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Minahasa, Pieter Mawikere.

Komisioner KPU Sulut, Meidy Tinangon tampak hadir mengawasi langsung pelaksanaan tes tertulis ini.

Selain itu, Bawaslu Kabupaten Minahasa juga terlihat mengawasi di lokasi tes untuk memastikan proses berjalan sesuai aturan.

“Pelaksanaan tes sudah berjalan sesuai dengan petunjuk teknis KPU RI,” kata Ketua Bawaslu Minahasa, Rendy Umboh yang turun langsung memantau pelaksanaan tes tertulis tersebut.

Diketahui, KPU Minahasa nantinya akan mencari 125 personil PPK yang akan ditugaskan di 25 Kecamatan di Kabupaten Minahasa. (Kelly Korengkeng)