KTJ di Bonang Hapus Stigma Negatif Warga Terpapar Covid-19

MANGUNINEWS.COM, Jakarta – Ketua Rukun Warga (RW) 15, Kelurahan Bojong Nangka (Bonang), Kelapa Dua, Tangerang, Tato Supriyanto tempat berdirinya Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang diinisiasi Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mengaku, semenjak KTJ diresmikan di daerahnya, stigma negatif terhadap warga yang terpapar Covid-19 mulai menurun drastis.

“Harus diakui, awalnya karena rasa takut yang tinggi dengan minimnya edukasi tentang pencegahan dan penanganan Covid-19, ada semacam stigma negatif berkembang di masyarakat tentang orang yang terpapar Covid-19,” katanya di Tangerang, Jumat (26/2/2021).

“Warga cenderung terkesan memojokkan orang yang terpapar Covid-19 menganggap negatif. Kadang muncul gestur-gestur yang mengarah atau dapat diartikan seperti mengintimidasi. Tapi setelah Kampung Tangguh Jaya ini berdiri, stigma itu drastis berkurang. Warga jadi saling support,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, perubaha perilaku warga ini sebagian besar terjadi karena adanya perhatian dari Kepolisian dalam hal ini Ditresnarkoba Polda Metro Jaya di bawah komando Kasubdit III Ditresnarkoba PMJ AKBP Awaludin Amin. Tim dari Polda Metro memfasilitasi banyak hal, termasuk edukasi warga tentang pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Semenjak tim dari Polda datang hingga menginisiasi pendirian Kampung Tangguh Jaya di sini sudah sekitar 14 hari, warga diberikan perhatian dan terpenting soal edukasi yang akhirnya membuka wawasan warga hingga membuang stigma-stigma negatif yang sebelumnya beredar,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran kunjungi Kampung Tangguh Jaya yang ada di RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Kampung Tangguh Jaya tersebut diinisiasi oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.

Irjen Fadil Imran mengatakan bahwa kasus Covid-19 di Kampung Tangguh Jaya ini, mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini dikarenakan, adanya layanan swab antigen gratis yang disediakan untuk warga.

“Alhamdulillah, kasus covid di Kampung Tangguh Jaya RW 015 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, mengalami penurunan yang signifikan,” ucap Fadil, usai melakukan pengecekan di Kampung Tangguh Jaya RW 015, Jumat (26/2/2021).