Kukuhkan Poktan di Tumatangtang, Senduk Dorong Petani Manfaatkan Pupuk Organik

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Pertanian di kota Tomohon menjadi andalan perekonomian di provinsi Sulawesi Utara dan daerah sekitarnya. Oleh karena itu pembangunan pertanian selalu menjadi prioritas dan merupakan sektor unggulan yang mendukung perdagangan dan industri, serta kepariwisataan di dalam daerah maupun di luar daerah.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk saat pengukuhan kelompok tani (poktan) Banteng Victory, Milenial Batamang dan kenaikan kelas poktan Alfa Omega, di Perkebunan Pah’kontaan, Kelurahan Tumatangtang, Jumat (28/5/2021).

Ia berharap, dengan adanya kelompok-kelompok tani ini, secara otomatis juga turut serta membantu laju pertumbuhan pembangunan di kota Tomohon.

“Sehingga kemajuan perekonomian kota Tomohon khususnya kelurahan Tumatangtang dapat semakin memperkokoh ketahanan dan kedaulatan pangan dalam masyarakat. Selanjutnya dalam kepengurusan kelompok tani, agar senantiasa memahami arah dan tujuan terbentuknya poktan, diantaranya untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anggota dan produktifitasnya,” tukasnya.

Senduk menganjurkan kepada petani, agar memanfaatkan pupuk organik yang bahan bakunya ada di sekitar kita.

“Hal ini untuk keamanan pangan. Saya juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan mekanisasi alat-alat pertanian pemkot Tomohon, karena itu semua untuk menunjang dan memudahkan para petani dalam mengelola lahannya,” tukas Wali Kota.

Penulis: Anugrah Pandey