Lahan PT ASA Disebut Masuk HGU, Dama: Belum Ada Data Jelas

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan – Beredar kabar, lahan milik PT Arafura Surya Alam (ASA) di Kotabunan, Bolaang Mongondow Timur (Boltim), masuk wilayah Hak Guna Usaha (HGU). Informasi itu diungkap seorang warga di salah satu media online. Kabar itu langsung mendapat tanggapan serius dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Boltim, Samsudin Dama.

Ia menilai, statemen yang dituangkan dalam berita tersebut, seakan-akan DPRD serta Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim memihak kepada PT ASA. Tetapi, kata Sadam mereka telah turun langsung mengecek kebenaran informasi itu, sekaligus mencari data dan legalitas yang jelas terkait status lahan HGU.

“DPRD dalam hal ini sudah bekerja untuk mencari data (HGU). Tetapi sampai saat ini, belum satu pun data yang kami dapati. Data yang kami dapat secara legalitas yang terbukti di atas kertas itu belum ada, seperti dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), maupun dinas terkait,” kata Dama yang akrab disapa Sadam, Minggu (20/8/2023).

Bendahara DPD Partai Nasdem ini juga mengatakan, pihaknya meminta kepada warga yang memiliki data atas lahan tersebut, untuk bisa diberikan kepada DPRD Boltim.

“Jika warga bisa membuktikan bahwa itu lahan HGU maka buktikan kepada kami selaku wakil rakyat. Artinya, apa yang menjadi laporan masyarakat itu sudah direspons oleh pihak DPRD Boltim, termasuk Pansus. Tetapi sampai saat ini Pansus belum mendapatkan data,” tegasnya.

Sadam juga menuturkan, DPRD selaku wakil rakyat selalu berada di barisan terdepan untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. (Filo)