LAM FH Unsrat Gelar Aksi Sosial Lawan Covid-19

MANGUNINEWS.COM, Manado – Lembaga Advokasi Mahasiswa Fakultas Hukum (LAM FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, mengadakan ‘Aksi Sosial Lawan Covid-19’, di seputaran Kota Manado, Senin (18/5).

Ketua tim kerja, Rizky Mundung mengatakan kegiatan ini diinisiasi oleh LAM FH Unsrat, yang dijalankan oleh Tim Kerja Aksi Sosial Lawan Covid-19.

“Yang terlibat dalam kegiatan aksi sosial ini tim kerja, anggota LAM FH, pengurus dan bahkan dari alumni,” ujar Rizky.

Aksi sosial yang dilakukan adalah memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) dan makanan bagi tim medis, serta pembagian sembako bagi warga yang terdampak Covid-19.

Menurut Rizky, APD dan pangan adalah dua jenis kebutuhan yang sangat penting dalam memerangi Covid-19.

“Oleh karena itu kami mencoba membantu dengan memberikan bantuan berupa APD dan minuman bernutrisi kepada tim medis, bantuan sembako kepada masyarakat terdampak, mahasiswa yang masih tinggal di kos-kosan dan petugas keamanan yang masih bertugas di lingkungan kampus,” tutur mahasiswa semester 6 FH Unsrat.

Selain itu, Ketua LAM FH Unsrat, Pascal Toloh mengungkapkan kegiatan ini merupakan panggilan moral sebagai bentuk solidaritas melawan Covid-19.

“Ini merupakan panggilan moral bagi kami LAM FH Unsrat atas keadaan sulit saat ini, dan sebagai bentuk solidaritas antar sesama masyarakat dalam menghadapi Covid-19 ini karena torang samua basudara,” ujarnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Pascal ini menjelaskan, itu juga merupakan perwujudan filosofi masyarakat Sulawesi Utara (Sulut), ‘Sitou Timou Tumou Tou’.

“Sebagai wujud pemaknaan filosofi masyarakat Sulut, yaitu ‘Sitou Timou Tumou Tou’, juga merupakan tema yang diangkat tim kerja di kegiatan ini,” bebernya.

Pascal menegaskan, tujuan kegiatan kemanusiaan ini adalah wujud campur tangan dari LAM FH Unsrat untuk membantu pemerintah dan stakeholder terkait dalam upaya pananganan Covid-19.

“Kegiatan ini merupakan murni inisiatif dari keluarga besar LAM FH Unsrat yang dananya kami dapatkan dari donatur-donatur lewat pos donasi yang dibuka oleh tim kerja dari dua minggu lalu,” jelasnya lewat media daring WhatsApp.

Diketahui, pemberian bantuan sembako dari aksi sosial ini, diberikan kapada tim medis di RS Pancaran Kasih, mahasiswa di kos-kosan, petugas keamanan di kampus Unsrat, masyarakat di sepanjang jalan Kota Manado. (Mineshia Lesawengen)