Landjar: Boltim Siaga Darurat Wabah Covid-19

MANGUNINEWS.COM, Tutuyan – Bupati Sehan Landjar menegaskan, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sudah menetapkan siaga darurat terkait wabah Covid-19 yang saat ini telah ditetapkan status pandemi oleh World Health Organization (WHO).

Dalam mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19 di wilayah Boltim, pemerintah pun menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 Miliar. Hal itu mencuat dalam instruksi Bupati Boltim yang ditujukan kepada Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Selasa (24/03).

Bupati dalam intruksinya, memerintahkan 5 poin penting yang harus segera ditindaklanjuti sebagai upaya percepatan penanggulangan bencana Covid-19 untuk wilayah Boltim.

“Pertama, buat keputusan Pemda (Pemerintah Daerah, red) tentang keadaan darurat bencana wabah Covid-19 di Kabupaten Boltim yang mengacu pada keputusan Pemerintah Pusat dan Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Bupati dalam surat instruksinya.

Ia juga memerintahkan agar segera mempersiapkan anggaran untuk penyediaan sembilan bahan pokok (Sembako). Itu disalurkan kepada masyarakat yang terdampak akibat kebijakan pemerintah untuk tidak beraktivitas.

“Kedua, siapkan anggaran baik dari rasionalisasi APBD Dana Alokasi Umum dan DD 2020, sebanyak kurang lebih enam miliar rupiah untuk penyediaan sembako yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan dari kerja jasa harian yang terdampak akibat kebijakan pemerintah yang membatasi aktivitas di luar rumah, juga keluar daerah demi pencegahan penyebaran virus corona,” perintahnya.

“Ketiga, segera meminta data penduduk, kepala keluarga yang wajib diberi bantuan sembako untuk empat belas hari. Besaran atau jumlah yang diberikan sesuai dengan jumlah jiwa setiap keluarga. Keempat, untuk pengadaan sembako dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku. Kelima, untuk pelaksanaan hal dimaksud, maka dimita agar Wabup dan Sekda segera bentuk tim untuk upaya dalam penyaluran bantuan,” jelas Landjar dalam arahannya.

Bupati juga meminta agar jajaran segera menjalankan instruksi ini sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Demikian instruksi ini disampaikan. Kepada saudara Wabup dan Sekda segera mengambil langkah cepat, baik pemenuhan biaya, pengumpulan data per Kepala Keluarga, dan tata cara penyaluran, agar dapat dipertanggungjawabkan sesuai peruntukan dan peraturan yang berlaku,” tegas Landjar. (Tim Man)