Latihan Terbang, Helikopter TNI AD Kecelakaan

MANGUNINEWS.COM, Jakarta – Publik negeri dikejutkan dengan informasi jatuhnya helikopter milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), Sabtu (6/6). Sejumlah awak dikabarkan meninggal dunia dalam peristiwa itu.

Informasi resmi pihak TNI menyebutkan, helikopter MI-17 dengan nomor registrasi HA 5141 itu jatuh saat melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah. Latihan ini bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1.

Brigjen TNI Nefra Firdaus, Kepala Dinas Penerangan TNI AD, mengatakan helikopter dinyatakan dalam kondisi baik sebelum terbang. Saat dilaksanakan pre-flight check, tidak ditemukan hal-hal menonjol. Selain itu, misi latihan terbang endurance pertama juga berjalan dengan aman.

“Sekitar jam 12.35 siang, helikopter ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang tactical manuver, dan sekitar jam 13.40 siang, helikopter MI-17 ini jatuh di Kaliwungu, Kecamatan Kendal, Jawa Tengah,” jelas Firdaus.

Kecelakaan ini menyebabkan 4 orang kru meninggal dunia, sementara 5 lainnya luka-luka. Korban luka-luka langsung dievakuasi ke Rumah Sakit terdekat.

“Penyebab jatuh-nya helikopter MI-17 TNI AD masih dalam proses investigasi,” tutup Firdaus.

Diketahui korban jatuh-nya helikopter MI-17 TNI AD adalah Kapten Cpn Kadek (meninggal dunia), Kapten Cpn Fredi (meninggal dunia), Kapten Cpn Y. Hendro (meninggal dunia), Lettu Cpn Wisnu (meninggal dunia), Lettu Cpn Vira Yudha, Praka Nanang, Praka Rofiq, Praka Supriyanto dan Praka Andi. (Tim MN)