Mabuk dan Tidak Kooperatif, Anggota L-KPK Diamankan Watung Cs

MANGUNINEWS.COM – Tomohon. Anggota Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (L-KPK) diamankan Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Polres Tomohon, usai membuat keributan akibat minuman keras (miras), Senin (23/2/2021), sekira pukul 22.15 Wita.

Anggota L-KPK tersebut berinisial JM alias Jemmy. Umur 41 tahun, asal Kelurahan Kakaskasen Satu, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon.

Setelah mendapat informasi dari warga Kelurahan Kakaskasen Satu, Lingkungan VI, Kepala Tim (Katim) URC Totosik Polres Tomohon, Aipda Yanny Watung langsung memimpin anggotanya bergerak ke lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Ya, saat mendapat laporan kami langsung bergerak dan mendatangi (TKP),” ungkap Katim Yanny Watung, kepada wartawan usai mengamankan pelaku.

“Tiba di TKP pihaknya melakukan pulbaket penyebab keributan. Dan dari keterangan tersangka, keributan terjadi akibat adu mulut antara dirinya dengan sang istri.

“Jadi Jemmy menerangkan, awalnya istrinya merasa cemburu dan curiga. Akan obrolan di handphone tersangka dan salah seorang perempuan yang tidak diketahui oleh istrinya,” ungkap Watung

Menurut pelaku itu titik awal permasalahan yang menyebabkan terjadinya adu mulut antara tersangka dan istrinya. Dan berujung pada perusakan rumah yang dilakukan tersangka.

“Saat itulah terjadi adu mulut antara keduanya. Jemmy yang merasa emosi selanjutnya melakukan pengrusakan di kamar mandi,” ucap Watung

Watung menuturkan, itikad baik yang diperlihatkan Tim Totosik dengan melakukan mediasi terhadap tersangka dan istrinya, yang menurutnya masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan, malah direspons kasar oleh tersangka yang dalam keadaan mabuk minuman keras (miras).

“Usai mendengarkan penjelasan kami melakukan mediasi. Tapi sayangnya Jemmy yang sudah dalam keadaan mabuk menunjukan sikap tidak kooperatif serta terus mengeluarkan kata-kata makian dan berbicara dengan nada-nada yang keras terhadap kami,” kata Yanny.

Anehnya saat mau diamankan, tersangka malah memperlihatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) L-KPK. Dan enggan untuk ditangkap.

“Saat mengeluarkan KTA L-KPK itu, dia tidak mau untuk diamankan. Selanjutnya kami mengambil tindakan dan berhasil mengamankan Jemmy ke Mapolsek Tomohon Utara,” terang Watung.

“Saat ini lelaki Jemmy telah diamankan oleh Tim Totosik untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tutup Watung.

Penulis : Denny Pongajow