Malonda Tegaskan Soal Protokol Kesehatan dan Kampanye Ramah Lingkungan

Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda.

MANGUNINEWS.COM, Manado – Kondisi pandemi diseriusi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Utara (Sulut). Karena itu, dalam pelaksanaan tahapan dan setiap kegiatan, disiplin protokol Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus diterapkan secara ketat.

“Hingga kini Bawaslu Sulut selalu menyeriusi ancaman Covid-19. Di tiap kegiatan kita tetap menerapkan protocol kesehatan,” kata Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda dalam rapat koordinasi bersama stakeholder terkait Pilkada berintegritas dan ramah lingkungan yang digelar Bawaslu Sulut, baru-baru ini.

Ia mengungkapkan, pihaknya kini bersyukur karena sampai saat ini tidak ada yang terjangkit virus tersebut.

Soal tertib ramah lingkungan dalam pelaksanaan kampanye juga ditegaskan Malonda.

“Kemudian terkait dengan tertib ramah lingkungan dalam pelaksanaan kampanye yang berjalan saat ini, kita akan memberikan tindakan apabila tidak mematuhinya,” tegas Malonda.

Diakui, Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu, telah melaksanakan sosialisasi dan berkoordinasi dengan peserta pilkada. Ini untuk sama-sama mewujudkan pilkada tahun 2020 yang berintegritas.

“Semoga setiap mau bersama antara penyelenggara pemilu dan peserta pemilu, dapat menerapkan dengan baik. Bawaslu juga membutuhkan dukungan dari partisipasi publik. Bukan hanya sekedar berpedoman pada regulasi secara tertulis melainkan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan memilih pemimpin yang berkualitas,” kuncinya. (Yonatan Kembuan)