Manado dan Tomohon Zona Merah, Pemkab Minahasa Tingkatkan Kewaspadaan

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Kota Tomohon diumumkan sebagai salah satu kota berstatus zona merah akibat virus corona atau Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rabu (6/5). Hal itu memicu reaksi dari Pemerintah Daerah (Pemda) tetangga.

Hal itu terlihat dalam penyampaian secara tertulis dari Bupati Kabupaten Minahasa melalui Sekretaris Daerah, Frits Muntu, yang mengeluarkan surat bernomor 100/075/Sekr.Bag.Tapen, tentang peningkatan kewaspadaan penyebaran Covid-19, Jumat (8/5).

Menurut Muntu, surat tersebut ditujukan kepada Camat se-Kabupaten Minahasa dan diteruskan kepada Hukum Tua (Kepala Desa) dan Lurah, dengan maksud dalam rangka mengantisipasi serta memberikan perlindungan bagi masyarakat Minahasa.

Muntu mengimbau kepada pemerintah kecamatan dan desa/kelurahan untuk mengajak masyarakat bersama-sama lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Antara lain untuk tetap patuh dan taat pada prinsip-prinsip social distancing dan physical distancing.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk sedapat mungkin menghindari melakukan perjalanan ke Kota Manado dan Kota Tomohon yang masuk dalam wilayah Zona Merah (wilayah transmisi lokal) penyebaran Covid-19,” katanya.

Lebih lanjut, Muntu menegaskan agar ada peningkatan pengawasan sesuai protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan dari wilayah Zona Merah (Kota Manado dan Kota Tomohon). (Yonatan Kembuan)