Marsela Bicara Dampak Covid-19 Bagi Mahasiswa

MANGUNINEWS.COM, Ternate – Merebaknya pandemi Covid-19, sangat berdampak ke seluruh aspek kehidupan masyarakat. Baik itu ekonomi, politik maupun gaya hidup sehari-hari.

Hal ini turut dirasakan oleh Marsela Tude, mahasiswa semester IV Universitas Khairun (Unkhair) Ternate.

Marsela mengatakan, pandemi Covid-19 ada dampak postif dan negatif terhadap kehidupan masyarakat, lebih khusus mahasiswa seperti dirinya.

“Ada dampak positif dan negatif yang dirasakan oleh masyarakat. Terlebih khusus kami selaku mahasiswa yang saat ini lagi menimbah ilmu di Kota Ternate,” ungkap gadis asal Desa Tuguraci, Kecamatan Jailolo Selatan ini.

Ia menjelaskan, dampak positif pandemi Covid-19 terhadap mahasiswa, pemahaman soal teknologi semakin bertambah dan waktu kebersamaan dengan keluarga semakin banyak.

“Dampak positif dari Covid-19 terhadap kami mahasiswa yaitu, pemahaman kami dalam memakai teknologi semakin bertambah. Dan juga ada waktu bersama keluarga,” jelas mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi ini.

Marsela juga menambahakan, di samping dampak positif ada juga dampak negatif. Mahasiswa lebih banyak menggunakan waktu di rumah dengan main game dan menjadi generasi penjiplak.

“Dampak negatif dari Covid-19 ini, ketika di rumah banyak mahasiswa yang belajar asal-asalan. Misalnya ada ujian tengah semester, mahasiswa lebih banyak menggunakan google dibandingkan pemahaman sendiri. Ada juga yang lebih banyak mengahabiskan waktu bermain game, bukan membaca buku,” papar Marsela.

Diketahui, sesuai anjuran pemerintah, dalam mengatasi penyebaran Covid-19 ini, maka semua aktivitas masyarakat dilakukan melalui e-Learning.

Marsela mengharapkan agar belajar dari rumah ini bisa dimaksimalkan oleh semua mahasiswa dengan baik. Ia juga berharap, semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir.

“Proses belajar dari rumah yang sementara dilakukan ini semoga bisa dimaksimalkan dengan baik oleh teman-teman mahasiswa. Dan juga harapan saya agar wabah ini cepat berakhir, agar aktivitas kami kembali normal,” tutup Marsela. (George Tjaane)