Masyarakat Wori Tolak Rencana Pemprov Adakan Lahan Pemakaman Covid-19

149

MANGUNINEWS.COM, Wori – Selasa (28/4), ratusan warga Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) gelar aksi. Gerakan itu merupakan ekspresi penolakan masyarakat terhadap rencana  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) untuk mengadakan lahan pemakaman Covid-19 di Kompleks Ilo-ilo Jaga XIV Desa Wori, Kecamatan Wori.

Rencana sosialisasi Pemprov Sulut hari ini pun dihadang demo warga. Aparat keamanan TNI dan Polri, termasuk Tim Khusus (Timsus) Maleo Polda Sulut terlihat turun di lokasi untuk melakukan pengamanan. Hal tersebut diungkapkan Katimsus Maleo, Kompol Prevly Tampanguma.

“Pada hari Selasa tanggal 28 April 2020, pukul 10.30 Wita, warga masyarakat Kecamatan Wori melakukan penolakan terhadap rencana Pemerintah Provinsi Sulut yang akan mengadakan ladang pemakaman Covid-19 di Kompleks Ilo-ilo, Kecamatan Wori. Dalam kegiatan tersebut massa yang mengikuti aksi penolakan berjumlah sekira 200 orang. Mereka datang dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Wori,” ungkap Tampanguma.

Menurutnya, pukul 10.30 Wita, warga yang berkumpul di Jaga II Desa Wori, bergerak menuju Kantor Hukum Tua Desa Wori dengan membawa alat peraga berupa baliho yang bernada penolakan.

“Pukul 11.40 Wita, massa tiba di lokasi Kantor Desa Wori dan melakukan orasi penolakan. Mereka diterima oleh Janjte Longdong, anggota DPRD Minut,” jelas Tampanguma.

Pukul 11.00 Wita, rombongan Pemprov Sulut yang dipimpin Asisten 1 Setda Provinsi Sulut Edison Humiang, tiba di lokasi kediaman keluarga Mandey-Matheos, dikarenakan lokasi akses jalan menuju tempat rencana pelaksanaan sosialisasi di Kantor Desa Wori telah dihadang massa.

“Pukul 11.10 Wita, konsentrasi massa tertuju pada kediaman keluarga Mandey-Matheos di Desa Wori Jaga I. Dikarenakan di lokasi tersebut telah dilaksanakan pertemuan antara Pemprov Sulut dengan perwakilan warga Kecamatan Wori,” beber Tampanguma.

Katim Maleo ini menegaskan, sampai saat ini sebagian massa masih diberikan imbauan untuk menjaga ketertiban oleh personil Kepolisian Sektor Wori yang dipimpin Kapolsek Wori Iptu N. Kinda.

Tampak hadir dalam sosialisasi tersebut, Asisten 1 Setda Provinsi Sulut Edison Humiang, Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel MPH, dua anggota DPRD Minut, Daniel Rumumpe dan Janjte Longdong, Kompol Hans Biri, Kapten Inf Frans Dahua (Perwakilan TNI), Kompol Dewa dari Dokkes Polda Sulut, Kabag Psikologi Ro SDM Polda Sulut Kompol Winarko, Kapolsek Wori Iptu N Kinda dan personil kesehatan dari Biddokkes Polda Sulut. (Tim Man)