Miky Wenur Minta Simpang Tiga Jalan Pinaesaan Walian Diperhatikan

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Akibat rusaknya plat duiker yang ada di simpang tiga Jalan Pinaesaan Walian Tomohon menuai sorotan warga. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Ir. Miky J.L. Wenur, MAP., turut merespon persoalan tersebut.

Hal itu ia tuturkan lewat Rapat Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), yang dipimpin langsung olehnya, Senin (19/4).

Dia berharap, agar akses jalan tersebut dapat menjadi perhatian khusus. Apalagi lanjutnya, akses jalan tersebut sangat penting dan sering dilalui oleh kendaraan dinas ke beberapa perkantoran seperti kantor wali kota, polres, kejaksaan dan SKPD.

“Harusnya perbaikan jalan tersebut itu sudah harus dilaksanakan pada tahun 2020, tapi karena ada kebijakan pemerintah pusat terkait recofusing anggaran, maka pekerjaan perbaikan jalan tersebut terpending dan baru akan dilaksanakan tahun ini,” katanya.

Kepala Dinas PUPR Kota Tomohon, Ir. Joice Taroreh turut membenarkan bahwa tahun 2020, pekerjaan jalan tersebut sudah dianggarkan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK), namun karena adanya refocusing sehingga berimbas dengan adanya pengurangan DAK 2020.

“Salah satu paket yang berkurang adalah ruas jalan tersebut. Tahun ini untuk proyek tersebut kami anggarkan dengan DAU, tapi ada aturan juga yang mengamanatkan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 dan paket ini salah satu yang kena refocusing,” ujarnya.

Ditambahkan Taroreh, terkait dengan kerusakan plat duiker tersebut, akan dilaksanakan tahun ini melalui kegiatan pemeliharaan jalan.

Penulis: Anugrah Pandey