Miliki Sajam, Pusung Cs Tangkap Warga Kolongan Satu

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Unit Resmob Sat Reskrim Polres Tomohon mengamankan seorang lelaki yang didapati memiliki senjata tajam (sajam) tanpa ijin di Jln Rayun, Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Rabu (26/10/2022) sekitar pukul 22.30 Wita.

Seperti diketahui, hal ini diatur dalam UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Tajam. Identitas pelaku berinisial DP alias Daniel (34) warga Kelurahan Kolongan Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

Katim Resmob Aipda Bima Pusung menjelaskan, awalnya pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa di simpang empat Cool Supermarket ada seorang lelaki yang sudah dipengaruhi minuman keras berdiri di tepi jalan sambil membawa sajam pisau penusuk menghadang kendaraan yang lewat di lokasi tersebut.

Resmob pun langsung merespon laporan masyarakat dan menuju ke TKP. Saat tiba, pelaku sudah tidak berada di TKP. Kemudian Resmob berkembang diseputaran lokasi kejadian dan berhasil mendapatkan keberadaan pelaku di Jalan Rayun mengarah ke barat bersama saksi.

“Saat diinterogasi, saksi menerangkan hendak menegur pelaku yang merupakan tetangganya, agar tidak melakukan perbuatannya yang mencegat kendaraan dengan menggunakan sajam. Dan saat Resmob menemukan pelaku dan saksi,  antara keduanya sedang berebutan sebilah sajam jenis penusuk,” ungkapnya.

Pusung melanjutkan, saat diamankan sajam jenis pisau penusuk tersebut dalam penguasaan pelaku, yang juga dibenarkan oleh saksi dan diakui juga oleh pelaku dimana sajam tersebut adalah miliknya.

“Alasan pelaku bahwa dia membawa sajam jenis pisau penusuk adalah untuk menjaga diri jika terjadi sesuatu. Pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Tomohon guna proses lebih lanjut,” tandasnya.

Penulis: Denny Pongayow