Minahasa Rawan Bencana, Runtu: Kedepankan Upaya Pencegahan

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Cuaca ekstrem terus melanda Kabupaten Minahasa. Intensitas curah hujan yang tinggi jadi salah satu pemicu. Upaya pencegahan pun didorong agar terhindar dari amuk alam.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Okstesi Runtu.

“Memang ini memerlukan kesadaran diri semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah,” ujar Runtu saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia mencontohkan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan menjadi hal penting agar terhindar dari bencana.

“Kalau masyarakat sudah mempunyai kesadaran diri menjaga lingkungan, maka bencana bisa diminimalisir. Selain mawas diri, kita harus bekerja keras,” terang legislator partai Golkar itu.

Ia juga meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa untuk melakukan langkah antisipasi di titik-titik rawan bencana.

“Pemerintah harus lebih jeli untuk melihat tempat-tempat tertentu yang mempunyai status rawan bencana, kan mereka punya data yang lebih akurat,” ketusnya.

Menurutnya, langkah antisipasi ini penting, agar masyarakat Kabupaten Minahasa bisa terhindar dari bencana alam.

“Kami berharap pemerintah jangan hanya ‘lip service’. Jangan nanti sudah terjadi bencana baru melakukan sesuatu,” tegasnya.

Ia juga meminta pemerintah agar tidak hanya berpatok di satu daerah tertentu. Itu dikarenakan wilayah Kabupaten Minahasa yang luas.

“Kadang Tondano tidak hujan, tapi Kawangkoan hujan deras atau daerah lainnya. Untuk itu kerinduan kami selaku masyarakat dan legislator, pemerintah bisa melakukan upaya pencegahan bukan upaya perbaikan,” pungkasnya. (Kharisma)