Momentum Hari Pahlawan: Forum Sekjend Cipayung Plus Nantikan Pahlawan Pemilu 2024

MANGUNINEWS.COM, Jakarta – Pada momen Hari Pahlawan yang penuh makna (10/11/2023), Forum Sekjend Cipayung Plus mengaitkan makna kepahlawanan dengan tanggung jawab menjaga marwah konstitusi dan fondasi demokrasi, terutama dalam menyambut momentum pemilu di tahun 2024 nanti.

Refleksi kepahlawanan menjadi panggung dialog yang mempertimbangkan peran krusial pahlawan masa lalu dalam membentuk identitas nasional.  Hari Pahlawan bukan sekadar waktu untuk mengenang, tapi panggilan untuk menjaga spirit kepahlawanan dengan mengawal demokrasi dan marwah konstitusi.

Forum Sekjend Cipayung Plus pun menyoroti pentingnya pemahaman akan isu-isu kontemporer dalam konteks Pemilu 2024. Dengan fokus pada peningkatan pendidikan politik dan partisipasi mahasiswa. Menjadi pahlawan tak hanya berarti mengenang masa lalu, melainkan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, dan menjaga integritas konstitusi sebagai fondasi dari perjuangan masa lalu.

Forum Sekjend Cipayung Plus juga menyoroti pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, keterbukaan dan kemanusiaan sebagai fondasi utama demokrasi yang inklusif.

Forum Sekjend Cipayung Plus mengapresiasi pernyataan Presiden RI Joko Widodo yang menegaskan netralitas ASN maupun aparat dalam Pemilu 2024 serta nenjadikan pemilu 2024 sebagai moment adu gagasan. Kami meyakini bahwa netralitas ini akan menjaga integritas dan keadilan dalam proses demokrasi, serta mendorong partisipasi masyarakat secara merata.

Forum Sekjend Cipayung Plus meyakini bahwa menjadi pahlawan modern juga memerlukan kewaspadaan terhadap tantangan terkini seperti polarisasi politik dan ketidaksetaraan, serta upaya nyata untuk mengatasi ketidaksetaraan tersebut melalui partisipasi aktif dalam proses demokratisasi.

Dengan pemahaman yang mendalam ini, Forum Sekjend Cipayung Plus membangun pijakan kuat menuju Pemilu 2024, dengan harapan dapat memberikan kontribusi berarti dalam pembentukan masa depan demokratis yang adil dan berkelanjutan.

Berikut 5 pernyataan sikap Forum Sekjend Cipayung Plus: 

1. Kami, Forum Sekjend Cipayung Plus, dengan tulus menghargai dan merayakan momentum Hari Pahlawan sebagai panggilan untuk merefleksikan nilai-nilai kepahlawanan yang mendukung fondasi demokrasi dalam pembangunan bangsa.

2. Sebagai agen perubahan yang berkomitmen pada nilai-nilai demokrasi, kami menegaskan pentingnya menjaga integritas konstitusi sebagai warisan berharga dari perjuangan pahlawan masa lalu, untuk mewujudkan demokrasi yang inklusif dan berkeadilan.

3. Forum Sekjend Cipayung Plus menyoroti relevansi demokrasi dalam konteks zaman modern, dan dengan tegas menyatakan dukungan kami terhadap peningkatan partisipasi mahasiswa dalam proses demokrasi guna menciptakan suara generasi muda yang berdampak.

4. Kami mengapresiasi dan mendukung upaya pemerintah, khususnya pernyataan Presiden RI Joko Widodo, yang menekankan netralitas ASN dan aparat dalam Pemilu 2024 serta menjadikan kontestasi ini sebagai ruang adu gagasan, sebagai langkah penting menuju pemilihan yang adil, transparan dan ideal.

5. Forum Sekjend Cipayung Plus bersatu dalam tekad untuk terus berkontribusi dalam perjuangan demokrasi, menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, keterbukaan, dan Kemanusiaan. Kami berkomitmen untuk menjadi garda terdepan dalam mewujudkan masa depan demokratis yang berkualitas dan berkelanjutan bagi bangsa ini.