Narasumber Dalam Sosialisasi Pengunaan Dana Desa, di Raringis Raya Sampaikan Hal Ini Pada Peserta

MANGUNINEWS.COM, Langowan Barat – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia SDM, dalam memahami pengelolaan Dana Desa maka Pemerintah Desa Raringis, Raringis Utara dan Raringis Selatan di kecamatan Langowan Barat mengelar kegiatan Sosialisasi Pengunaan Dana Desa DD Tahun 2021, yang diikuti perangkat desa dengan para narasumber dari Dinas PMD,Polres Minahasa, Kejaksaan dan Pemerintah Kecamatan setempat, Bertempat Di Balai Desa Raringis Utara, dan Rumah Kediaman Hukumtua Raringis Selatan, Rabu (13/10/21).

Pada kesempatan ini Camat Langowan Barat Ir Sisca Maseo MAP, memberikan apresiasinya akan keikutsertaan para perangkat desa di desa Raringis Raya dalam mengikuti sosialisasi Pengunaan Dana Desa Tahun 2021 tersebut.

“Pemeritah Kecamatan memberikan apresiasi kepada Hukum Tua Raringis Benny Sumual dan Hukum tua Raringis Utara Veki Bolung, serta Hukum tua Raringis Selatan Rani Posumah, dimana melalui kepemimpinannya mengadakan kegiatan ini, dimana diikuti oleh para perangkat desa dari ketiga desa di Raringis Raya ini, guna meningkatkan pengetahuan terkait dengan UU desa no 6 tahun 2012. Diketahui juga Sosialisasi ini menjadi agenda setiap tahun untuk dilaksanakan, berdasarkan dengan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan UU. Semoga melalui kegiatan ini para perangkat desa bisa mendapatkan pemahaman yang baru. Sesuai dengan Tujuan DD,  dimana diketahui DD ini bersumber dari APBN, dan pembangunan didesa sesuai dengan nawacita membangun Indonesia dari pingiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, “Ujar Maseo.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa Jefry Tangkulung saat memberikan arahannya menyambut baik akan digelarnya kegiatan ini, dimana sosialisasi ini merupakan program pemerintah dalam mengsosialisasikan dana desa.

“Tentunya dengan diadakannya sosialisasi pengelolaan pengunaan Dana Desa ini yang diikuti para aparat desa, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi para perangkat desa tentang bagaimana pengelolaan pengunaan dana desa yang baik bagi pembangunan desa dan bermanfaat bagi masyarakat, untuk kemajuan desa, dan sosialisasi ini membantu para perangkat desa dalam mengetahui lebih lanjut tugas dan fungsi para perangkat desa dalam membantu hukum tua dalam program pembangunan desa pastinya, “Ucap Tangkulung.

Adapun Kapolres Minahasa melalui Kapolsek Langowan barat Iptu Tasman Mandak saat memberikan materi menjelaskan Pengunaan Dana Desa harus transparan dalam pengelolaannya.

“Dalam pengunaan Anggaran Dana Desa tentunya harus ada tranparansi, dan peran kami pihak kepolisian dengan adanya MOU bersama maka keberadaan polisi hadir dalam sosialisasi dd. Jadi perlunya tranparasi agar tidak adanya komplain-komplain dari berbagai pihak kepada Hukumtua, karena hukumtua sebagai pemegang anggaran, dan tentunya Polri selalu mendukung pembangunan desa dan dengan adanya MOU juga maka harus ada Babinkantibmas dalam setiap rapat agar peran polisi sebagai pegawas benar-benar ada, dan pastinya juga keamanan dan ketertiban di wilayah kepolisian harus terjaga keamanannya, “Tandasnya.

Untuk diketahui kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya, dan ketiga Hukum tua di desa Raringis Raya ini menyampaikam apresiasinya kepada para narasumber dimana telah berbagi ilmu dalam memberikan materinya kepada pemerintah desa dalam hal ini perangkat-perangkat desa baik itu kepala jaga dan sekertaris desa, BPD, dan laiinya.

Penulis: Safen

Editor: Lefrando Gosal.