Operasi Patuh Samrat 2020 Serentak Dimulai, Pengguna Jalan Diwarning

62

MANGUNINEWS.COM, Tomohon – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mulai menggelar Operasi Patuh 2020. Kegiatan yang akan berlangsung selama 14 hari ini, serentak di seluruh wilayah Kepolisian Daerah (Polda) se-Indonesia, termasuk wilayah Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Kasat Lantas Polres Tomohon Iptu Hadi Siswanto S.I.K., mengatakan Operasi Patuh serentak rencananya dimulai Kamis, 23 Juli sampai 5 Agustus 2020.

“Jadi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tomohon menginformasikan kepada seluruh pengguna jalan raya dan masyarakat Kota Tomohon, pada 23 Juli sampai 5 Agustus, seluruh Indonesia akan melaksanakan operasi patuh,” ujar Hadi saat diwawancarai Manguni News.

Hadi berharap, masyarakat Kota Tomohon, khususnya pengguna jalan raya agar tidak melanggar lalu lintas.

“Diharapkan untuk masyarakat Kota Tomohon untuk tidak melanggar lalu lintas. Contohnya, menggunakan helm, menggunakan sabuk pengaman saat berkendara, tidak melawan arus dan lengkapi surat-surat kendaraan saat bepergian,” ucap Hadi.

Ditegaskan, apabila ada anak yang masih di bawah umur menggunakan roda dua atau roda empat, maka akan langsung dilakukan penegakan hukum.

“Karena anak yang masih di bawah umur itu belum lulus untuk psikologinya dan kesehatan mentalnya. Bisa jadi ugal-ugalan di jalan raya,” terang Hadi.

Kasat Lantas juga mengimbau kepada pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat yang punya knalpot bising, agar segera dicopot. Apabila ditemukan, akan ditindak.

“Karena masyarakat Kota Tomohon ini sudah gerah dengan suara-suara bising tersebut. Knalpot bising itu bisa digunakan, tapi sesuai dengan peruntukannya yaitu di arena balap. Kalau itu di jalan raya dan semuanya mendengar, itu tidak boleh,” pungkas Hadi.

Ia juga meminta, saat keluar rumah selalu memakai masker, dan jaga jarak guna pencegahan penyebaran Covid-19. (Denny Pongayow)