Operasional Pasar Tondano Tanpa Petugas Kesehatan

MANGUNINEWS.COM, Tondano – Pengoperasian Pasar Tondano Senin (30/3), tanpa ada pemeriksaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, khususnya Puskesmas Tondano.

Sebelumnya, pemberlakuan jam operasional pasar sesuai Surat Edaran Bupati Minahasa, di masa pengoperasian pasar mewajibkan seluruh pasar dilengkapi dengan pos kesehatan serta melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh pengunjung pasar dengan mengunakan alat pendeteksi suhu tubuh.

“Hingga siang hari, petugas kesehatan tidak ada di Pasar Tondano untuk melalukan standar pengoperasian pasar di masa tanggap darurat penyebaran virus Covid-19,” ungkap Jhonly Roring, Kepala Pasar Tondano.

Sementara itu, menanggapi ketidakhadiran tim medis dalam pengoperasian Pasar Tondano hari ini, menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangulangan Covid-19 Kabupaten Minahasa, Denny Mangala, tim kesehatan untuk hari ini jadwal Puskesmas Papakelan.

“Namun karena kekurangan peralatan thermo scan yang digunakan untuk pemeriksaan pasien, terpaksa operasional Pasar Tondano hari ini tanpa melibatkan tim kesehatan,” kata Mangala, sembari meminta masyarakat untuk bisa memahami kekurangan peralatan thermo scan ini.

Mangala menambahkan, peralatan thermo scan saat ini sulit didapat namum Pemerintah Kabupaten Minahasa sudah melakukan pemesanan dan tinggal menunggu pengiriman dari distributor.

Karena itu, Pemda Minahasa mengimbau kepada masyarakat yang akan berbelanja di pasar, jika merasa kurang sehat dan ada gejala flu, pilek, demam, batuk dan sesak nafas, untuk tidak ke pasar dan tetap berada di rumah atau langsung memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Dari pantauan di Pasar Tondano, walaupun tidak ada petugas namun Pasar Tondano tetap dibuka. (Kelly Korengkeng)