Pasar Rakyat Sonder Diresmikan, Bupati Roring Ingatan Masalah Sampah

MANGUNINEWS.COM, Sonder – Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring M.Si., melalui Sekretaris Daerah Frits Muntu S.Sos., meresmikan Pasar Rakyat Sonder, Kamis (11/6). Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa peresmian Pasar Rakyat Sonder merupakan bagian dari realisasi program pembangunan, baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

“Pasar seperti ini juga merupakan salah satu objek vital yang sangat diperlukan masyarakat, baik dari sisi pembeli maupun penjual. Ke depan tidak ada lagi kesan kumuh, kotor dan rasa tidak nyaman,” kata Muntu, saat membacakan sambutan Bupati Minahasa.

Dijelaskan, pembangunan Pasar Rakyat Sonder juga sejalan dengan visi pemerintah, yaitu terwujudnya Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera. Visi ini diturunkan pada misi ke-4, yaitu meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

“Satu hal yang pasti terjadi yaitu adanya aktivitas pasar, pasti ada juga sampah. Sampah dari pasar harus segera diangkut agar tidak menimbulkan polusi. Demikian juga dengan lapak-lapak milik pedagang yang ada di pinggir jalan agar ditertibkan agar tidak mengganggu lalu lintas dan kenyamanan masyarakat,” tandas Muntu.

Peresmian pasar ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita, sekaligus meninjau pasar Sonder yang baru.

Pengoperasian gedung baru Pasar Rakyat Sonder rencananya akan dibuka pada Senin 15 Juni 2020.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perdagangan Debby Bukara S.E., M.Si., Kabag Protokol dan Komunimasi Pimpinan Maya Marina Kainde, S.H., MAP, Kabag Umum Lona Wattie SSTP, Camat Sonder Denny Mangundap SSTP, Kapolsek Sonder, Danramil Sonder serta para Hukum Tua. (Kelly Korengkeng)